Yuk, Tingkatkan Employee Engagement demi Kemajuan Perusahaan!

Sumber : Cio

Semua perusahaan pasti ingin mencapai target bisnis dan berkembang menjadi lebih besar lagi. Sayangnya, belum banyak perusahaan yang menyadari bahwa hal tersebut butuh dukungan penuh dari para karyawan. Employee engagement di suatu perusahaan akan mempengaruhi performa bisnis secara keseluruhan.

Saat ini belum banyak yang mengenal istilah employee engagement dan memahami manfaatnya bagi perusahaan.

Ulasan berikut ini akan memberikan banyak pemahaman tentang hal esensial tersebut!

Kenali Definisinya Terlebih Dahulu

Sumber : QSR Web

Employee engagement adalah bentuk pendekatan di tempat kerja yang membuat semua pihak di dalamnya merasa nyaman terlibat dalam aktivitas kerja. Sehingga seluruh pihak di tempat kerja berkenan untuk memberikan kontribusi penuh demi mencapai tujuan perusahaan. Pencapaian employee engagement harus dilandasi komunikasi dua arah yang lancar, kepercayaan, dan integritas.

Tiga Tipe Karyawan di Tempat Kerja

Sumber : Saba

Berdasarkan data yang diperoleh dari jurnal Gallup Management, tipe karyawan berdasarkan engagement-nya dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

Engaged Employee

Tipe karyawan ini menemukan passion dan kebahagiaannya ketika bekerja. Sehingga performa kerjanya terbilang cemerlang dibandingkan tipe lainnya. Para karyawan yang memiliki engagement dengan perusahaan biasanya mudah memberikan ide-ide brilian untuk mendukung kemajuan perusahaan.

Not Engaged

Karyawan yang satu ini memang hadir setiap hari untuk bekerja. Namun, sebenarnya karyawan tersebut tidak menemukan kecocokan dengan ritme kerja perusahaan. Kehadirannya sekadar menghabiskan waktu sepanjang jam kerja tanpa membuahkan kontribusi besar bagi perusahaan.

Actively Disengaged

Kelompok karyawan yang satu ini biasanya benar-benar membenci pekerjaannya. Namun, mereka memilih bertahan untuk alasan finansial. Ada karyawan yang berusaha menutupi ketidakbahagiaannya. Tetapi ada pula yang tak segan mengeluh setiap hari dan mempengaruhi kondisi lingkungan kerja menjadi kurang kondusif.

Pengaruh Employee Engagement terhadap Perusahaan

Sumber : 15Five

Studi Gallup juga menyatakan bahwa employee engagement sangat berpengaruh terhadap sembilan aspek perusahaan berikut ini:

  • Rating pelanggan
  • Profitabilitas
  • Produktivitas
  • Tingkat turnover perusahaan
  • Insiden keamanan (safety incident)
  • Penyusutan (pencurian bahan baku atau produk)
  • Persentase absensi
  • Patient safety incident
  • Kualitas (cacat produk)

Karyawan yang engaged akan mencapai kinerja maksimal dan mempengaruhi perubahan sembilan aspek tersebut. Sehingga produktivitas dan keuntungan perusahaan meningkat sedangkan hal-hal negatif lainnya akan berkurang.

Jadi, sudahkah perusahaan Anda memperhatikan employee engagement dan mengupayakan yang terbaik?

Kalau Anda merasa tak nyaman, alangkah lebih baik bila Anda melakukan evaluasi diri atau memutuskan untuk berkarier di perusahaan lain. Maka Anda bisa menjadi karyawan engaged yang produktif bagi diri sendiri maupun perusahaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here