Employee Recognition: Selain Bonus, Karyawan Juga Butuh Pengakuan

Perusahaan bisa melakukan beberapa cara untuk meningkatkan motivasi karyawannya. Salah satunya memberikan reward atau penghargaan. Dalam hal ini yang paling sering diberikan adalah kenaikan gaji, benefit atau pemberian bonus. Namun, seringkali perusahaan melupakan pentingnya employee recognition.

Apa yang dimaksud dengan employee recognition? Employee recognition sebenarnya juga merupakan penghargaan. Hanya saja, sifatnya lebih intangible alias tidak berbentuk fisik, sehingga memiliki unsur emosional atau personal. Selain itu, employee recognition merupakan sebuah pengakuan atas sebuah pencapaian. Pada umumnya, perusahaan seringkali tidak mengabarkan kapan atau kepada siapa pengakuan ini akan diberikan.

Salah satu contoh pemberian employee recognition yaitu employee of the month atau karyawan teladan. Perusahaan bisa pula memberikan pengakuan dengan cara memberikan penugasan atau pekerjaan khusus. Meski demikian, bentuk pengakuan atas keberhasilan karyawan.juga bisa berupa hal-hal yang lebih sederhana. Semisal, ucapan selamat atau tepukan tangan di sebuah acara kantor.

Mengapa sih employee recognition harus diberikan? Berikut ini penjelasannya

Manfaat Pemberian Employee Recognition

Seperti yang sudah diketahui, gaji bukanlah satu-satunya alasan mengapa karyawan betah bekerja di sebuah perusahaan. Karyawan juga menginginkan kebahagiaan dalam bekerja. Salah satu hal yang bisa membuat karyawan berbahagia adalah adanya pengakuan atas hasil kerja yang diberikan perusahaan. Oleh karena itu jika perusahaan ingin meningkatkan retensi, penghargaan semacam ini harus diberikan.

Baca Juga: 5 Ide Bentuk Penghargaan agar Karyawan Semakin Betah Bekerja

Dengan memberikan pengakuan kepada karyawan, perusahaan secara tidak langsung memacu karyawan untuk mengembangkan skill dan kemampuannya. Dengan begitu, karyawan bisa bekerja lebih produktif. Sedangkan untuk karyawan yang lain, akan terpacu untuk bisa mendapatkan pengakuan yang sama.

Di sisi lain, dengan mengakui prestasi atau pencapaian karyawan, hal ini akan mengangkat citra perusahaan di mata masyarakat dan kandidat karyawan. Karena pengakuan atas prestasi merupakan bagian dari budaya perusahaan.

Agar Pemberian Pengakuan Efektif, Lakukan Ini

Agar employee recognition bisa efektif dalam meningkatkan motivasi dan kebahagiaan karyawan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan. Salah satunya, pemberian pengakuan haruslah adil. Dalam hal ini, semua karyawan berhak mendapatkan pengakuan.

Perusahaan juga harus memiliki standar pencapaian yang jelas sebelum memberikan pengakuan. Selain itu, sebaiknya perusahaan memastikan karyawan mengetahui hasil kerja yang mana yang mendapatkan pengakuan.

Ada baiknya perusahaan memberikan beberapa jenis pengakuan dalam kurun waktu tertentu. Semisal, employee of the month dan employee of the year. Selain itu, memberikan pengakuan yang setara dengan pencapaian yang didapatkan akan membuat karyawan yang mendapatkannya lebih bahagia.

Yang tidak kalah penting, meski memberikan employee recognition, perusahaan sebaiknya tidak meninggalkan pemberian penghargaan dalam bentuk lain. Seperti pemberian kenaikan gaji atau promosi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here