Employer Branding: Lakukan Ini agar Kandidat Tertarik Melamar Kerja

Seperti juga produk atau jasa, perusahaan harus meningkatkan citranya jika ingin mendapatkan banyak kandidat karyawan. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan strategi employer branding.

Employer branding bukanlah sekedar mengabarkan adanya kesempatan kerja, lebih dari itu, employer atau perusahaan juga harus memperkenalkan value dan menjaga citranya. Value dan citra perusahaan amat dibutuhkan bagi perusahaan yang ingin:

  • Memenuhi kebutuhan kandidat karyawannya;
  • Merebut kandidat karyawan potensial dari perusahaan lain; dan
  • Memperkenalkan dan membangun employer awareness, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional.

Beberapa tips berikut ini bisa diterapkan jika perusahaanmu ingin melakukan employer branding:

Cari Tahu Tingkat Brand Awareness

Kamu tidak bisa membangun employer brand sebelum mengetahui seberapa luas perusahaanmu dikenal orang. Untuk itu, kamu bisa melakukan survei.

Survei juga bisa kamu lakukan di dalam perusahaan, untuk mengetahui apakah karyawan tertarik bekerja di bidang atau industri dimana perusahaanmu berkecimpung.

Hasil survei ini akan bermanfaat untuk menetapkan atau memperbaiki strategi yang digunakan untuk meningkatkan brand awareness.

Komunikasikan Value yang Dimiliki Perusahaan

Tips berikutnya untuk meningkatkan employer branding adalah memperkenalkan nilai-nilai atau budaya kerja perusahaan ke masyarakat. Ini bisa dilakukan lewat kanal atau platform resmi perusahaan. Seperti situs, media sosial atau YouTube. Selain itu, perkenalkan pula situasi dan kondisi kerja, serta apa saja yang dapat diberikan perusahaan bagi karyawan.

Membuka Kesempatan untuk Belajar dan Mengembangkan Diri

Saat ini, generasi milenial menjadi target pencarian kerja oleh banyak perusahaan. Salah satu karakteristik milenial adalah besarnya keinginan mereka untuk belajar dan mengembangkan diri. Oleh karena itu, sediakan kesempatan belajar bagi para karyawan dan kandidat milenial.

Baca Juga: Curi Simpati Rekruter saat Interview dengan Soft-Skill Anda, Ini Caranya

Di sisi lain, kamu bisa menetapkan sertifikasi skill tertentu sebagai salah persyaratan untuk melamar kerja. Dengan begini, kandidat potensial akan lebih tertarik melamar di perusahaanmu ketimbang di perusahaan lain.

Menghargai Pengalaman Kerja Karyawan dan Kandidat

Salah satu cara meningkatkan retensi karyawan adalah memanusiakan karyawan. Ini bisa dicapai dengan beberapa cara, yaitu,

  • Memperjelas jenjang karier karyawan dengan menetapkan career roadmap;
  • Memberikan penghargaan kepada karyawan; dan
  • Meningkatkan kualitas hubungan antara bawahan dan atasan, agar menjadi lebih dari dari sekedar hubungan kerja semata.

Meningkatkan Employer Branding dengan Meningkatkan Frekuensi Komunikasi

Departemen HR selayaknya memiliki data atau insight tentang karyawan dan perusahaannya. Untuk itu, komunikasi sangatlah diperlukan. Beberapa perusahaan ternama meningkatkan dan memperlancar komunikasinya dengan menggunakan aplikasi.

Perusahaan juga selayaknya mengajak karyawannya untuk saling berbagi informasi. Baik secara internal maupun eksternal. Setiap perubahan dan inovasi harus diketahui pula oleh semua karyawan.

Bila perlu, perusahaan bisa memberikan penghargaan bagi karyawan yang mau berbagi informasi. Dengan begini, brand awareness akan meningkat dan employer branding pun akan terangkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here