Ini 4 Jenis Kacang Terbaik untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Sumber: everydayhealth.com

Apakah tahun 2019 nanti Anda berencana untuk menurunkan berat badan? Kemungkinan Anda tidak sendirian. Akan ada banyak sekali orang yang berencana melakukannya, namun alangkah lebih baik untuk memulainya dengan cara memperbaiki pola makan menjadi lebih sehat. Jika Anda benar-benar serius ingin menurunkan berat badan, maka tidak ada salahnya untuk mencoba memasukan beberapa jenis kacang ke dalam menu harian Anda.

Berdasarkan penelitian yang sudah banyak dilakukan, beberapa jenis kacang nyatanya dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Anda dapat mengganti semua jenis camilan tidak sehat yang biasa Anda makan dengan kacang. Selain itu, kandungan asam lemak tak jenuh dalam kacang pun juga dikenal mampu menyingkirkan lemak perut.

Sebetulnya, saat makan kacang, Anda akan membutuhkan waktu tambahan untuk mengupas cangkang. Maka hal ini akan membuat Anda makan lebih sedikit. Selain itu, ketika Anda mengunyah kacang utuh, Anda makan lebih lambat karena Anda perlu mengunyahnya lebih lama. Saat memilih kacang pun, pastikan untuk menghindari kacang yang dilapisi garam, gula, coklat, madu atau bumbu lain. Sebab jika campuran tersebut tetap Anda gunakan, ini akan sama saja dengan makan junk food.

Baca Juga: Ini Waktu Paling Tepat untuk Mendapatkan Manfaat Maksimal dari Mengonsumsi Kacang-Kacangan

Penasaran jenis kacang apa yang dapat membantu turunkan berat badan? Berikut jenis kacang yang wajib Anda coba:

Kenari

Sumber: foxnews

Kacang kenari adalah jenis kacang yang menawarkan lemak yang sehat, termasuk di dalamnya adalah asam lemak omega-3 yang dapat melindungi jantung dan menurunkan kadar trigliserida. Omega-3 juga sebetulnya ditemukan pada ikan, sehingga mengonsumsi kenari akan sangat cocok bagi mereka yang tidak suka makan ikan. Jenis kacang ini pun mengandung antioksidan dan fitonutrien yang terbukti membantu menurunkan tingkat peradangan dan mencegah diabetes tipe 2. Selain itu, kenari juga mengandung melatonin sehingga memperbaiki siklus tidur dan terhindar dari insomnia.

Almond

Sumber: mnn

Sebuah penelitian menemukan bahwa orang dewasa yang memiliki berat badan berlebih akan mengalami penurunan berat badan lebih banyak saat makan lebih banyak almond daripada mereka yang konsumsi karbohidrat kompleks. Kacang almond pun menjadi sumber makanan yang bagus untuk antioksidan seperti vitamin E, mangan dan protein. Selain itu, konsumsi jenis kacang ini juga akan mencegah Anda terserang penyakit jantung. Untuk hasil terbaik, makanlah kacang almond sebelum pergi ke gym. Kandungan asam amino di dalamnya dapat membantu Anda membakar lebih banyak karbohidrat dan lemak selama latihan.

Pistachio

Sumber: howstuffworks

Jenis kacang ini dikenal memiliki kalori yang rendah, tinggi protein, potasium dan serat. Selain itu, kacang ini juga memiliki asam lemak tak jenuh yang membantu mengontrol kolesterol. Menurut sebuah penelitian pun ditemukan bahwa mereka yang menambahkan pistachio ke dalam menu diet mereka, maka akan memiliki pinggang yang lebih kecil, kadar kolesterol total yang lebih rendah, serta jumlah gula darah yang lebih baik. Cobalah untuk mengonsumsi pistachio yang masih memiliki cangkan agar proses makannya menjadi lebih lama.

Kacang Tanah

Sumber: everydayhealth

Kacang tanah mungkin sudah sangat familiar karena jenis kacang ini sangat mudah ditemukan dan harganya relatif murah. Kacang tanah pun dikenal sangat sehat karena mengandung  protein, kalium, fosfor, kalsium, niacin, folat, dan vitamin E. Karena kacang tanah memiliki kandungan serat dan protein yang tinggi, kacang ini juga dapat membuat Anda kenyang untuk waktu yang lama. Pastikan juga untuk mengonsumsi olahan kacang yang bebas dari tambahan gula atau garam agar tidak menimbulkan efek yang berkebalikan.

Baca Juga: Kacang Walnut vs Almond, Mana yang Lebih Baik untuk Menurunkan Berat Badan?

Beri komentar Anda tentang artikel ini