Etika Penting saat Bertemu Bos di Luar Kantor

bertemu bos di luar kantor
Sumber : Video Blocks

Aktivitas sehari-hari seorang karyawan memang bukan melulu tentang urusan kerja. Ada hal-hal lain yang harus dilakukan demi mencapai work life balance. Jalan-jalan bersama keluarga atau melakukan aktivitas seru di luar rumah tentu efektif menghilangkan penat. Namun, bagaimana jadinya jika Anda tak sengaja bertemu bos di luar kantor?

Semua karyawan modern harus memahami beberapa etika penting ini saat bertemu bos di luar kantor

Hanya Janjian untuk Urusan Pekerjaan

Sumber : The Muse

Bertemu bos di luar kantor secara disengaja memang bukanlah hal yang aneh. Namun, pastikan kalau pertemuan tersebut dilakukan untuk menyelesaikan urusan pekerjaan. Jangan membuat janji di luar jam kantor hanya demi urusan pribadi. Meskipun hal tersebut merupakan permintaan bos Anda. Sebab Anda harus menjaga sikap profesional di hadapan bos dan rekan-rekan kerja. Jangan sampai bertemu bos di luar kantor untuk urusan pribadi malah menimbulkan gosip di lingkungan kerja.

Baca Juga: Punya Bos Workaholic? Lakukan Ini untuk Bisa Bertahan tanpa Stres Berlebih

Menyapa dengan Sopan

Sumber : Swedish Nomad

Hal penting yang pertama kali harus Anda lakukan saat tak sengaja bertemu bos di luar kantor adalah menyapa dengan sopan. Sehingga bos Anda merasa tetap dihargai walaupun sedang berada di luar lingkungan kerja. Bila bos menunjukkan perilaku ramah, tak ada salahnya Anda memperkenalkan orang-orang yang sedang beraktivitas bersama Anda. Teknik basa-basi ini menunjukkan itikad baik Anda kepada bos di luar jam kerja.

Memperhatikan Kondisi Si Bos

Ada kalanya bos Anda sibuk dengan orang-orang terdekat saat bertemu Anda di luar kantor. Jadi, Anda wajib lebih jeli memperhatikan kondisi si bos. Tak perlu berinisiatif mengajak bos mengobrol bila bos Anda tampak sibuk menelepon atau sedang buru-buru. Sapaan singkat sudah lebih dari cukup untuk menunjukkan tingkat kesopanan Anda.

Membicarakan Hal-Hal di Luar Urusan Kerja

Sumber : Lini Kini

Bertemu bos di luar kantor membuat Anda leluasa membicarakan hal-hal menarik di luar urusan pekerjaan. Kalau bos Anda tiba-tiba mengajak Anda ngobrol, bahaslah hal-hal menyenangkan selain pekerjaan. Membahas tentang hobi atau berita yang sedang hangat bisa menjadi pilihan. Sehingga Anda dan bos tidak merasa tegang sewaktu berpapasan di luar lingkungan kerja. Hal sederhana ini akan membantu Anda mengakrabkan diri dengan si bos.

Apakah Anda punya pengalaman lucu saat bertemu bos di luar kantor?

Jadikan pengalaman tersebut sebagai pembelajaran. Agar nanti Anda tak panik lagi ketika bertemu bos di luar urusan pekerjaan.

Beri komentar Anda tentang artikel ini