Yuk, Pahami Dulu Etika Menghubungi Klien Ketika Menggunakan Gadget

etika menghubungi klien
Sumber : SG Osim

Hubungan dengan klien bisnis pasti tak lepas dari komunikasi yang intens. Anda dan klien bisnis yang berhubungan dengan perusahaan wajib melakukan komunikasi efektif. Agar hubungan profesional bisa menghasilkan kerja sama yang menguntungkan bagi kedua belah pihak. Namun, tentu saja Anda tak boleh sembarangan ketika menghubungi klien. Setidaknya, Anda harus memahami etika menghubungi klien sewaktu menggunakan gadget.

Etika menghubungi klien tentu tidak pernah ditulis dalam literatur apa pun.

Anda sendiri yang harus mengasah interpersonal skill dan memahami beberapa hal penting ini:

Memperhatikan Kebiasaan Klien Terlebih Dahulu

Sumber : RD

Sebaiknya Anda tak langsung memutuskan untuk menghubungi klien bisnis melalui telepon atau aplikasi chat. Setiap orang memiliki kebiasaan komunikasi yang berbeda-beda. Ada orang yang lebih suka melakukan kontak via telepon. Tetapi ada pula yang tidak menyukai telepon dan lebih memilih aplikasi chat. Kalau Anda sudah mengetahui etika menghubungi klien yang satu ini, niscaya klien akan merasa nyaman saat berkomunikasi dengan Anda.

Selalu Menggunakan Bahasa yang Sopan dan Menyenangkan

Klien bisnis yang supel dan menyenangkan bukanlah alasan untuk tidak menggunakan bahasa yang sopan. Anda tetap harus selalu menggunakan bahasa yang sopan dan terkesan menyenangkan ketika menghubunginya. Sesekali, Anda pun tak perlu ragu menggunakan emoticon yang pas sesuai percakapan. Sebab penggunaan emoticon bisa memberikan kesan komunikasi yang ramah dan tidak terlalu kaku.

Baca Juga : Mengapa Mayoritas Karyawati Ganas di Kantor? Sindrom Queen Bee Penyebabnya!

Jangan Menghubungi di Luar Jam Kerja

Sumber : Independent

Demi alasan profesionalitas, sebaiknya Anda tidak menghubungi klien bisnis di luar jam kerja. Jadi, jangan menganggap bahwa klien bisnis selalu available jika status aplikasi chat-nya masih online. Semua orang membutuhkan waktu untuk diri sendiri dan keluarga. Alangkah lebih baik jika Anda menghargai ruang privasi klien. Etika menghubungi klien bisnis pada jam kerja tak akan membuat klien tersebut merasa risih.

Informasi Dadakan Bukanlah Hal yang Baik

Sumber : News

Tak ada orang yang suka bila diberi informasi dadakan bersifat urgent, termasuk klien bisnis Anda. Etika menghubungi klien yang satu ini wajib Anda ketahui agar Anda pun lebih terampil mengelola pekerjaan. Misalnya, berikan informasi tentang rapat mendadak minimal 3-4 jam sebelum rapat dimulai. Dengan demikian, klien bisnis Anda pun dapat mempersiapkan diri untuk mengikuti rapat tersebut.

Basa-Basi itu Ternyata Perlu

chatting
Sumber: gojeganbro

Untuk urusan etika menghubungi klien, ternyata basa-basi sangat diperlukan. Anda harus menemukan topik obrolan yang berbobot, misalnya mengucapkan selamat ulang tahun atau selamat hari raya. Selain itu, Anda juga bisa menghubungi klien bisnis lama untuk sekadar menanyakan kabar dan perkembangan bisnis. Basa-basi yang menyenangkan pasti akan membuat komunikasi Anda dan klien bisnis semakin efektif.

Di zaman serba canggih ini, Anda harus teliti menggunakan gadget kesayangan. Manfaatkan gadget untuk memperlancar pekerjaan dan urusan bisnis Anda.

As a smartphone user, we have to being smart.

Beri komentar Anda tentang artikel ini