5 Alasan Mengapa Kamu Tak Perlu Bangga Saat Menjadi Sibuk

Kebanyakan orang merasa dibutuhkan saat merasa sibuk melakukan banyak hal. Sebab tingkat kesibukan seseorang seringkali dijadikan parameter yang kurang relevan untuk menilai produktivitas kerja. Ada banyak alasan dan penjelasan yang cukup menjawab tentang alasan mengapa kamu tidak seharusnya merasa baik saat menjadi sibuk.

Justru kamu harus mulai melakukan evaluasi apakah kamu benar-benar sibuk atau hanya dampak dari kegiatan yang tidak terjadwal? Berikut ini ada beberapa alasan yang menjelaskan mengapa kesibukan bukanlah sesuatu yang selalu baik:

Kehilangan Momen dan Kesempatan

Ada banyak momen yang bisa kamu lewati dalam hidup ini, termasuk di dalam dunia kerja. Jika kamu terlalu sibuk maka akan ada banyak waktu terbuang sia-sia.

Di sisi lain kamu juga berpotensi kehilangan kesempatan untuk menikmati momen momen yang mungkin tidak bisa diulang kembali. Kamu hanya fokus pada titik titik kesibukan yang kenyataannya ini bukanlah sesuatu yang baik bagi karier.

Saat Sibuk, Sulit Melakukan Progres

Ketika memiliki banyak hal untuk dilakukan maka semakin sulit bagi kamu menentukan pencapaian progres. Pernahkah kamu mendengar teori tentang Pareto Principle? Jika hasil 80 persen datang dari 20 persen aktivitas, maka eliminasi aktivitas lain yang tidak termasuk kedalam lingkup 20 persen tersebut.

Baca Juga: Ups, Jangan Mengabaikan 5 Hal Penting Ini karena Terlalu Sibuk di Kantor!

Pareto Principle ini memudahkan kamu untuk menentukan prioritas dan mengeliminasi aktivitas yang tidak menguntungkan dan tidak relevan bagi kemajuan progres kerjamu.

Lebih Sering Melakukan Multitasking

Otak manusia tidak dirancang untuk melakukan banyak hal secara bersamaan. Berapa banyak kamu membuka tab pada komputer? Pada umumnya seseorang membuka lebih dari 3 tab dalam waktu bersamaan dan itu merusak otak sebesar 40 persen dan menurunkan produktivitas yang selama ini kamu dambakan.

Saat menjadi sibuk, maka secara otomatis kamu akan menyetel cara kerja yang dianggap bisa lebih efektif, yaitu melakukannya dengan cara multitasking. Padahal kenyataannya cara tersebut benar-benar keliru dan memberikan dampak buruk pada tingkat produktivitas.

Lupa Berinvestasi untuk Diri Sendiri

Kamu memiliki banyak daftar pekerjaan yang harus diselesaikan, dan ini akan mengambil banyak waktu dan energi sepanjang waktu. Di sisi lain kamu tidak boleh lupa jika seharusnya ada waktu untuk melakukan investasi pada diri sendiri.

Meluangkan waktu untuk berinvestasi dalam hobi atau proyek sampingan dapat membantu kamu menjadi lebih baik dalam pekerjaan.

Melupakan Mimpi

Mimpi yang selama ini ada di dalam kepala, tiba-tiba terkubur begitu saja ketika kamu menjadi sangat sibuk. Impian sejatinya menyemangati kamu untuk melakukan hal-hal yang sudah direncanakan, tapi pada akhirnya daftar pekerjaan yang ada justru membantahnya dan mengambil semua waktu yang kamu miliki.

Kamu tidak lagi memiliki waktu untuk mengaktualisasi diri dan mengejar apa yang benar-benar kamu ingin lakukan untuk pencapaian terbesarmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here