Expedito Sediakan Layanan Ekspor Barang Tanpa Kuota Pengiriman

Kuota pengiriman barang yang ditetapkan oleh perusahaan logistik seringkali menjadi kendala bagi pemilik produk untuk mendistribusikan barangnya. Apalagi untuk barang-barang yang akan dikirim ke luar negeri. Namun, kendala tersebut sekarang bisa diatasi dengan menggunakan layanan yang disediakan oleh Expedito.

Expedito mengklaim mampu menyediakan layanan pengiriman barang ke luar negeri tanpa batas minimum pengiriman. Dari sisi harga, startup ini menyediakan harga pengiriman yang relatif murah bagi para pengusaha yang ingin mengirimkan barangnya.

Expedito Layani Pengiriman Barang Mulai 0,5 Kg

Menggandeng Perusahaan Logistik

Layanan yang ditawarkan PT. Expedito Global Indonesia dimungkinkan berkat adanya kerjasama antara startup ini dengan beberapa perusahaan logistik lainnya. Sejauh ini ada sekitar 20 perusahaan logistik yang diajak bekerjasama, baik lokal maupun internasional. Di antaranya, Fedex, DHL, TNT, UPS, dan Pos Indonesia.

Expedito menyediakan aplikasi bagi pengguna yang ingin mengirimkan barangnya. Namun, sampai saat ini banyak pengguna yang memilih untuk menggunakan layanan pengiriman barang dengan cara mengunjungi laman resminya.

Untuk menggunakan layanan, pengguna bisa memilih negara tujuan dan mencantumkan berat barang yang akan dikirimkan. Selain itu, disediakan pula pilihan perusahaan logistik yang akan digunakan. Selanjutnya, sistem yang dimiliki Expedito akan mengkalkulasi apakah barang harus diantar ke kantor atau dijemput. Sampai saat ini Expedito menerima pengiriman barang ke luar negeri dengan berat mulai dari 0,5 kg sampai 1000 kg (1 ton).

Expedito menyasar pengusaha Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai pangsa pasar utamanya. Mengingat, pengusaha UMKM di Indonesia masih memiliki keterbatasan di sisi rasio barang yang diproduksi dan biaya pengiriman.

Baca Juga: Lion Parcel: Strategi Meningkatkan Frekuensi Pengiriman Barang

Pengiriman Barang dengan Harga Terjangkau

Seperti dilansir SWA, sampai saat ini sudah ada lima ribu pengguna yang terdaftar di platform Expedito. Lebih dari separuh jumlah pengguna sudah melakukan pengiriman sebanyak lebih dari empat kali. Sampai dengan akhir tahun 2018, perusahaan ini sudah melayani pengiriman ke lebih dari 80 negara. Sedangkan jenis barang yang sering dikirim adalah apparel dan fashion. Dan 90 persen di antaranya merupakan produk lokal.

Dari sisi model bisnis, Expedito mengambil keuntungan dengan menambahkan margin pada biaya ongkos kirim yang ditetapkan oleh pengusaha logistik. Expedito mengklaim bisa memberikan harga yang murah dengan menyediakan sistem satu pintu untuk semua permintaan pengiriman barang.

Ke depannya, startup ini berencana untuk menyediakan layanan pengiriman barang komoditas atau bahan makanan mentah. Mengingat tidak banyak perusahaan yang menyediakan layanan semacam ini.

Selain itu, Expedito juga akan melakukan pengembangan di sisi sistem, penyempurnaan layanan dan memperbanyak jumlah drop point di beberapa kota lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here