Benarkah Kulit Kering Penyebab Keriput? Temukan Jawabannya di Sini!

Benarkah Kulit Kering Penyebab Keriput? Temukan Jawabannya di Sini!
Sumber: Skincare

Ada banyak mitos tentang kulit kering penyebab keriput karena seseorang yang memiliki jenis kulit kering seringkali memiliki lebih banyak keriput dibandingkan jenis kulit lain. Mereka yang memiliki jenis kulit normal dan berminyak dianggap punya kerutan lebih sedikit. Namun ini disebabkan karena mereka mengaplikasikan built-in moisturizer, yang membuat penampilan kulit wajah memiliki tekstur kulit lebih lembut. Jadi, benarkah kulit kering penyebab keriput?

Benarkah Kulit Kering Penyebab Keriput?

 

Mitos Kulit Kering Penyebab Keriput Tidak Benar

Selama ini, banyak mitos yang berkembang bila kulit kering penyebab keriput. Ini adalah pernyataan yang keliru. Jadi, apa penyebabnya? Pemicunya adalah paparan sinar matahari. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Dr. Natasha Cook, seorang dermatologis. Menurutnya, sekitar 90 persen keriput disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Sinar matahari membentuk keriput dengan merusak struktur pendukung dalam endoderm, yang kemudian dikenal dengan kolagen atau elastin. Ketika serat ini rusak, kulit akan kehilangan sokongan dan kondisinya menjadi mudah rusak. Juga, polusi udara, pola makan tidak sehat tinggi gula dan tanpa sayuran, merokok, dan bahkan gen bisa menjadi penyebab.

Baca Juga: Komposisi Alkohol untuk Perawatan Kulit, Berbahaya atau Memberi Manfaat?

Hubungan Kulit Kering dan Keriput

Jadi, bila paparan sinar matahari menjadi penyebab keriput, lalu kenapa seseorang yang memiliki jenis kulit berminyak tidak memiliki keriput se-jelas seperti orang yang memiliki jenis kulit kering? Kini Anda tahu bila kulit kering penyebab keriput adalah keliru, namun jenis kulit kering akan membuatnya terlihat lebih jelas.

Ketika kulit terhidrasi, kulit akan nampak lembap dan kenyal. Hal ini pun membuat keriput tampak lebih kecil. Namun kulit kering tidak dapat menahan kelembaban sebaik jenis kulit lain. Pelindung alaminya telah rusak dan seperti yang Anda tahu kelembapan diperlukan untuk mendukung kemampuan kulit agar bisa terus lembap.

Kulit berminyak tidak memiliki masalah ini karena bisa menghasilkan cukup sebum, yaitu pelembap alami kulit yang menjaga pelindung alami kulit tetap utuh. Dengan begitu, saat keriput muncul, keriput tidak akan terlihat begitu kentara. Itulah kenapa mengaplikasikan pelembap bisa membuat keriput tersamarkan.

kulit kering vs kulit dehidrasi

Bagaimana Cara Mengatasi Kulit Kering dan Keriput?

Karena ungkapan kulit kering penyebab keriput telah terbantahkan, lalu bagaimana cara mengatasi kedua masalah tersebut. Anda bisa memulainya dengan langkah berikut:

  • Lakukan eksfoliasi dengan asam glikolat. Cara ini diketahui dapat melembapkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen.
  • Gunakan serum yang mengandung hyaluronic acid untuk memberi kelembapan yang diperlukan oleh kulit.
  • Gunakan serum antioksidan untuk mencegah munculnya keriput. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memasukan bahan kuat lain seperti vitamin C, E, dan ferulic acid untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini.
  • Gunakan produk dengan retinoid untuk menyamarkan keriput yang sudah ada pada wajah.
  • Gunakan pelembap oil-based untuk mengunci kelembapan. Dengan cara ini, wajah pun akan terasa lembap.
  • Gunakan sunscreen atau tabir surya tiap hari. Sinar UV dapat menembus awan dan kaca. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk selalu mengaplikasikan tabir surya ketika Anda beraktivitas di luar rumah. Dengan begitu, kulit pun bisa terlindungi secara maksimal.

Dari keterangan di atas, kini Anda tahu bila kulit kering penyebab keriput merupakan mitos belaka, namun lebih pada semakin menonjolkan keriput sehingga terlihat lebih jelas. Agar kulit tetap sehat tanpa noda, pastikan agar kulit Anda selalu terlindungi dari bahaya sinar matahari dengan selalu memakai tabir surya dan mengaplikasikan produk anti penuaan dini secara teratur.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here