Fakta Seputar Luka Modric, Pemain Terbaik Dunia 2018 versi FIFA

Fakta Luka Modric
Source: krdo.com

Luka Modric baru saja terpilih sebagai pemain terbaik dunia versi FIFA. Berikut beberapa fakta dari Luka Modric yang menarik untuk disimak.

Luka Modric berhasil menyisihkan beberapa nama pesepakbola yang sebelumnya kerap mendapatkan berbagai penghargaan tertinggi di kancah persepakbolaan dunia. Hasil voting yang dilakukan FIFA menunjukkan Modric mendapatkan suara sebanyak 29 persen. Sedangkan Cristiano Ronaldo mendapatkan 19 persen.

Beberapa nama lain mendapatkan perolehan suara di bawah kedua pemain tersebut. Diantaranya adalah Mohamed Salah (11.2 persen), Kylian Mbappe (10 persen) dan Lionel Messi (9 persen). Dengan perolehan suara terbanyak, Luka Modric berhak meraih FIFA’s The Best Award atau Pemain Terbaik versi FIFA untuk tahun 2018.

3 Fakta Luka Modric

Keberhasilan Luka Modric di ajang FIFA’s The Best Awards tidak bisa dilepaskan dari perannya membawa Kroasia ke babak final Piala Dunia lalu. Sebelumnya, Modric juga telah berhasil membawa klubnya, Real Madrid, meraih beberapa gelar juara di level domestik dan Eropa. Berikut ini beberapa fakta seputar pemain kelahiran Zadar, Kroasia tersebut.

Ditolak Klub Hajduk Split

Foto: goal

Kondisi fisik Modric yang kecil dan lemah membuatnya pernah ditolak oleh klub Hajduk Split. Namun klub Dinamo Zagreb mau menerimanya. Di Zagreb, Modric muda mengalami pertambahan tinggi badan meski tidak signifikan. Hal itu disebabkan manajemen klub mengharuskan Modric mengonsumsi banyak suplemen penambah tinggi badan. Setelah pindah ke Tottenham Hotspur, Modric berhasil menghantarkan klub tersebut ke perempat final Piala Champions setelah 50 tahun Tottenham tidak pernah berlaga di putaran final.

Modric ke Madrid, Tottenham Kecewa

Foto: premierleague

Tottenham Hotspur harus menahan Luka Modric mati-matian sebelum dirinya bergabung ke Real Madrid. Saat itu, Modric dikabarkan sudah tak tahan untuk segera mengenakan kostum Los Blancos. Sampai-sampai Modric beberapa kali mangkir latihan. Tottenham memberi sanksi berupa denda atas aksi Modric tersebut tapi Modric terus membayarnya. Hingga akhirnya Tottenham harus merelakan gelandang terbaiknya bergabung ke Real Madrid.

Baca Juga: Pemain Real Madrid Boyong Penghargaan Pemain Eropa Musim 2017/2018

Skill yang Lengkap

Foto: tbrfootball

Meski ukuran tubuhnya tidak besar, Modric memiliki skill yang lengkap sebagai seorang gelandang. Modric memiliki kaki kiri dan kanan yang sama ampuhnya. Modric juga lihai membaca permainan dan kreatif dalam membongkar pertahanan lawan. Hasil statistik yang dirangkum Squawka dan Whoscored menunjukkan, dari delapan gelandang terbaik di dunia (di antaranya adalah Andreas Iniesta, Toni Kroos dan Marco Veratti), Modric merupakan gelandang yang paling sering menggagas penyerangan dan menciptakan peluang.

Kemampuan mengumpan yang dimiliki Modric juga kerap membuat pemain bertahan lawan memberi perhatian khusus kepadanya.

Bersama Real Madrid, Luka Modric telah berhasil meraih tiga kali trofi Liga Champions dan satu trofi La Liga. Pada bulan Juli lalu Modric juga baru saja meraih World Cup Golden Ball yang merupakan penghargaan untuk pemain terbaik di ajang Piala Dunia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here