5 Fakta Menarik Film PSP: Ada Fatimah yang Jadi Rebutan

5 Fakta Menarik Film PSP: Ada Fatimah yang Jadi Rebutan
Source: vidio

Film ‘PSP: Gaya Mahasiswa’ berkisah tentang kehidupan mahasiswa yang membentuk sebuah grup musik. Simak beberapa fakta film PSP: Gaya Mahasiswa berikut ini.

Beberapa judul film sukses mengangkat nuansa nostalgia ke layar lebar. Diantaranya adalah ‘Warkop DKI: Reborn’ dan ‘Dilan 1990’. Awal tahun ini PSP: Gaya Mahasiswa mencoba mengusung sebuah grup musik yang anggotanya terdiri dari para mahasiswa di sebuah perguruan tinggi di Jakarta. Grup musik beraliran dangdut ini sempat terkenal di tahun 70-80an.

Deretan Fakta Film PSP

Kekonyolan mahasiswa, kisah asmara dan serunya musik dangdut, semuanya ditampilkan di film PSP: Gaya Mahasiswa. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik dari film PSP.

Tentang OM PSP

Deretan Fakta Film PSP
Foto: tabloidbintang

OM PSP merupakan singkatan dari Orkes Moral Pancaran Sinar Petromaks. Grup ini terbentuk sekitaran akhir tahun 70an dan mulai terkenal pada tahun 80an. Nama grupnya terinspirasi dari keberadaan lampu petromaks yang kebetulan tergantung di dekat panggung saat mereka akan tampil di sebuah lomba musik dangdut.

OM PSP beranggotakan Monos (vokal, gitar), Ade Anwar (vocal, gendang I), Rizali Indrakesumah (vocal, mandolin), Aditya (gendang II), Dindin (tamborin), Omen (vocal, okulele), Andra Ramadan (marakas) dan James Lapian.

Beberapa lagu terkenal yang pernah mereka mainkan diantaranya berjudul ‘Fatimah’, ‘Gaya Mahasiswa’, ‘Kidung’, ‘My Bonnie’ dan ‘Jangan Bohong’. OM PSP juga pernah bermain film berjudul ‘Manis-Manis Sombong’. Film PSP: Gaya Mahasiswa merupakan tribute untuk film Manis-Manis Sombong yang sempat terkenal di tahun 80an itu.

Banjir Komika

Foto: kompas

Mengusung genre komedi, Film PSP: Gaya Mahasiswa memancing tawa penonton dengan kehadiran para bintang yang sebagian besar merupakan komika. Mereka diantaranya adalah Uus, Ajis Doa Ibu, Boris Bokir, Abdur Arsyad dan Wira Nagara. Selain itu film ini juga dibintangi oleh dua pembawa acara ternama yakni Dimas Danang- Imam Darto.

Aura Kasih dan Fatimah

Foto: uzone

Film PSP: Gaya Mahasiswa juga turut dibintangi oleh Aura Kasih. Di film ini Aura berperan sebagai janda kaya pemilik kos-kosan yang bernama Fatimah. Tokoh Fatimah punya cerita tersendiri dibalik keberadaan OM PSP. Pasalnya, Fatimah menyebabkan beberapa anggota PSP sempat bersaing memperebutkannya. Di kisah nyatanya, Fatimah pergi ke Belanda dan menikah dengan warga negara setempat.

Baca Juga: Susul Sarah ke Belanda, Begini Sinopsis Si Doel The Movie

Ikuti Langkah Warkop DKI

Foto: fimela

Film PSP: Gaya Mahasiswa disutradarai oleh Hilman Mutasi. Dalam sebuah wawancaranya dengan media, Hilman mengungkapkan bahwa pembuatan film PSP terinspirasi dari keberadaan film ‘Warkop DKI: Reborn’. Film tersebut menuai kesuksesan setelah ditayangkan.

OM PSP sendiri bisa dianggap satu angkatan dengan Warkop DKI saat kedua grup tersebut masih terkenal di tahun 80an.

“Di zaman itu ada grup musik legendaris satu angkatan dan juga satu almamater,” ujar Hilman seperti dikutip Tempo.

Hilman sebelumnya lebih dikenal sebagai sutradara film komedi. Beberapa judul film yang pernah disutradarainya diantaranya adalah ‘The Wedding and Bebek Betutu’, ‘Kacaunya Dunia Persilatan’, dan ‘Bukan Malin Kundang’.

Ada Dilan di PSP

Foto: kompas

Studio film yang menggarap film PSP: Gaya Mahasiswa juga merupakan studio film yang menggarap film ‘Dilan 1991’. Di film PSP: Gaya Mahasiswa, penonton bisa menyaksikan cuplikan adegan eksklusif tokoh Dilan dan Milea di film Dilan 1991. Adegan tersebut terjadi di ruang guru dan merupakan salah satu adegen terlucu di film Dilan 1991.

Beri komentar Anda tentang artikel ini