Yuk, Simak Fakta Sabu, Jenis Narkotika yang Menjerat Komedian Nunung

Komedian Nunung diamankan oleh satuan kepolisian di kediamannya atas kepemilikan dan penyalahgunaan narkotika jenis sabu pada Jumat, (19/7). Berdasarkan hasil pengakuan Nunung, ia mengenal barang haram tersebut sejak 20 tahun silam.

Kasus penangkapan ini tentu menggemparkan publik. Pasalnya, Nunung tidak terlihat seperti pemakai sabu pada umumnya. Bahkan, Tarzan, rekan sesama komedian juga sulit mempercayai pengakuan Nunung. Bicara seputar sabu, yuk simak fakta-faktanya berikut ini:

Fakta Sabu, Jenis Narkotika yang Digunakan oleh Komedian Nunung

Dipercaya sebagai Pembangkit Stamina

Narkotika jenis sabu sering kali dianggap sebagai penambah stamina. Tak jarang alasan ini kerap menjadi pembelaan para artis yang tertangkap basah mengonsumsi sabu, termasuk Nunung. Berdasarkan hasil penelitian, sabu memang bisa menambah stamina seseorang.

Hal ini disebabkan karena efek sabu bisa memacu adrenalin. Sabu merupakan jenis senyawa kimia yang juga disebut dengan metamfetamina dalam ilmu kedokteran. Namun, jika pemakaian sabu terus berlanjut, maka bisa sangat membahayakan diri penggunanya.

Berbentuk Kristal

Sabu yang dijual oleh para bandar narkoba biasanya berbentuk kristal yang padat. Biasanya, bongkahan kristal sabu akan dihaluskan terlebih dahulu menjadi bentuk serbuk sebelum dihisap. Ada juga yang melarutkan bongkahan kristal sabu menjadi bentuk cair untuk digunakan melalui metode suntikan.

Baca Juga: Tak Kapok, Artis Tanah Air Ini Ditangkap Polisi Lebih dari Sekali atas Kasus Narkoba!

Berfungsi sebagai Kebutuhan Medis

Awal mulanya, metamfetamina atau sabu digunakan untuk kebutuhan medis. Pada umumnya, kandungan sabu digunakan untuk metode operasi dalam proses amputasi bagian tubuh seseorang.

Efek sabu yang bisa menyebabkan mati rasa dan menghentikan peredaran darah menjadi alasan dibalik penggunaannya. Sayangnya, sabu kerap disalahgunakan sehingga sabu tidak lagi menjadi bahan untuk keperluan medis saat ini.

Bersifat Adiktif

Sabu memiliki sifat adiktif yang sama seperti nikotin pada rokok. Sehingga penggunanya akan sangat sulit untuk menghilangkan kebiasaannya dalam mengonsumsi sabu. Hal ini tentu menjadi alasan bagi komedian Nunung yang mengaku telah menggunakan sabu selama 20 tahun terakhir.

Dampak Penggunaan Sabu

Selain bersifat adiktif, sabu juga memicu berbagai macam masalah kesehatan serius pada tubuh. Antara lain gagal organ, gagal jantung, gagal ginjal, overdosis, withdrawal effect (sakau), hingga yang paling buruk adalah kematian.

Karena termasuk ke dalam narkotika yang sangat berbahaya, maka hampir seluruh negara di dunia melarang penggunaan sabu. Bahkan, ancaman hukuman bagi pengedar sabu sangatlah berat dan bisa dihukum mati.

Nah, kamu sudah tahu kan bahayanya narkoba. Jauhilah narkoba agar masa depan menjadi cerah. Narkoba adalah musuh bersama karena bisa merusak generasi penerus bangsa. Say no to drugs!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here