7 Fakta tentang Tahun Baru Cina yang Tidak Diketahui Banyak Orang

fakta tahun baru cina
Sumber : npr

Banyak tradisi yang terkait dengan Tahun Baru Cina yang telah ada sejak berabad-abad lalu. Bukan sekedar festival, Tahun Baru Imlek dianggap tradisi paling penting oleh banyak orang keturunan Tiongkok di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, perayaan Imlek atau Tahun Baru Cina juga sama meriahnya dengan perayaan hari besar keagamaan lainnya. Untuk menambah pengetahuan, berikut ini 7 fakta tentang Tahun Baru Cina yang akan memberi Anda beberapa penjelasan mengapa Imlek menjadi salah satu perayaan yang paling besar di dunia.

7 Fakta Tentang Tahun Baru Cina yang Belum Banyak Orang Tahu

Tahun Baru Imlek adalah tentang hidup baru

Hampir semua tradisi selama Tahun Baru Cina memiliki satu tujuan yaitu untuk mengantarkan sebanyak mungkin keberuntungan dan kemakmuran di tahun baru. Segala sesuatunya diatur sedemikian rupa untuk menerima sebanyak mungkin keberuntungan yang masuk di tahun ini.

Banyak orang yang mengikuti tradisi untuk tidak menyapu selama Tahun Baru Cina karena takut mereka akan menyapu keberuntungan yang datang. Hal yang sama berlaku untuk kegiatan memotong, baik itu memotong rambut, tanaman, dan bahkan mie tidak boleh dipotong selama Imlek, karena dianggap akan memotong rezeki.

Tanggal Tahun Baru Imlek tidak tetap

Tanggal untuk Tahun Baru Cina bervariasi dari tahun ke tahun karena didasarkan pada kalender bulan Tiongkok. Meskipun tanggalnya berbeda, hari besar ini hampir selalu jatuh pada bulan Januari atau Februari.

Baca Juga: 7 Makanan Khas Tahun Baru China dengan Maknanya Masing-Masing

Tahun Baru Imlek adalah hati libur terbesar di dunia

Diperkirakan bahwa satu per enam populasi dunia merayakan Tahun Baru Cina, termasuk lebih dari 1 miliar warga Tiongkok. Dalam beberapa tahun terakhir, perayaan di New York, London, dan kota-kota global lainnya telah menyebar dari Chinatown lokal untuk menjadi acara utama yang diselenggarakan oleh kota-kota tersebut. Tahun Baru Cina bahkan menyaingi Natal sebagai acara paling terkenal di dunia.

Tahun Baru Imlek bukan hanya dirayakan di Tiongkok

Tahun Baru Imlek tidak hanya dirayakan di Tiongkok. Di Vietnam, Tahun Baru Imlek disebut Tet. Singapura dan beberapa negara Asia lainnya juga merayakan Tahun Baru Imlek Asia Timur, meskipun 1 Januari dan Malam Tahun Baru Barat juga dirayakan. Tentu saja, Tahun Baru Cina dirayakan di Pecinan di seluruh dunia.

Semakin meriah dengan kembang api

Selalu menjadi negara yang suka melakukan hal-hal besar dan membuat rekor, Tiongkok sering meraih rekor untuk tampilan kembang api terorganisir dan terbesar di dunia selama Tahun Baru Cina. Pada Malam Tahun Baru Imlek, kembang api diluncurkan di seluruh negeri. Pemandangan gegap gempita akan terlihat di setiap sudut dan pusat kota.

Anda juga akan menemukan petasan dimana-mana, meskipun hal itu dilarang di banyak kota. Dentuman keras petasan dimaksudkan untuk menakut-nakuti Nian, binatang buas dari mitologi Cina yang datang untuk memakan penduduk desa.

Liburan (yang sebenarnya) selama 15 hari

Seluruh liburan Tahun Baru Cina sebenarnya berlangsung selama lima belas hari. Akan ada perayaan dan acara yang berlangsung saat hari libur tersebut. Tetapi, jumlah hari libur untuk Tahun Baru Cina itu sendiri berbeda-beda di tiap negara. Hari terakhir festival Tahun Baru Imlek dikenal sebagai Festival Lentera.

Hari Pertama adalah yang terpenting

Hari terpenting dalam Tahun Baru Cina adalah Malam Tahun Baru Cina dan hari pertama di Tahun Baru Cina. Untuk orang-orang Hongkong sendiri, mereka biasanya akan mengambil cuti dua atau tiga hari kerja, sementara beberapa orang lain mengambil cuti seminggu dari pekerjaan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here