Jangan Lupakan Ini Saat Merancang Desain Kemasan

Pernahkah kamu membeli produk karena tertarik oleh desain kemasan yang dimilikinya? Hal itu terjadi karena kemasan produk tersebut unik, berbeda dan memikat hati. Setidaknya pada pandangan pertama, alias, sebelum kamu mengetahui isi di dalamnya.

Bentuk dan tampilan kemasan produk penting artinya bagi sebuah brand. Apalagi kalau produk tersebut adalah produk yang baru. Lewat adanya kemasan yang khas, konsumen bisa membedakan produk yang satu dengan yang lainnya.

Tapi, lebih dari itu, konsumen sebenarnya tidak punya banyak waktu untuk menilai kualitas yang dimiliki oleh sebuah produk. Harapannya, dengan melihat kemasannya, konsumen sudah bisa mengambil keputusan untuk membeli produk tersebut.

Oleh karena itu, kalau kamu memiliki sebuah brand, maka kamu harus memperhatikan desain kemasan produk yang kamu miliki. Nah, untuk itu, saat membuatnya beberapa hal berikut ini harus kamu perhatikan.

Desain Kemasan: Faktor Demografis Ikut Menentukan

Saat membuat desain kemasan produk, ada baiknya kamu memperhatikan faktor demografis, yaitu usia, jenis kelamin dan geografi. Dalam hal ini, kamu memilih konsep desain kemasan produk sesuai dengan pengguna produk tersebut dan dimana lokasi pengguna berada.

Semisal, untuk produk skincare wanita milenial, kamu bisa menggunakan konsep desain yang feminin tapi gaul dan ceria. Konsep ini bisa kamu sampaikan lewat berbagai cara. Semisal, lewat penggunaan material kemasan yang digunakan, warnanya, maupun bentuknya.

Jadikan Kemasan sebagai Pengalaman Menggunakan Produk

Kemasan yang unik tidak hanya bisa didapatkan lewat tampilannya yang berbeda dan menarik. Lebih dari itu, kamu bisa mendesain kemasan sedemikian rupa agar konsumen mendapatkan pengalaman baru dalam menggunakan produk.

Hal ini bisa kamu lakukan beberapa cara. Salah satunya, yaitu dengan menambah fungsinya. Dari yang tadinya hanya berfungsi sebagai kemasan produk, menjadi punya fungsi lain. Semisal, berfungsi pula sebagai wadah barang tertentu.

Baca Juga: Agar Pelanggan Setia, Yuk Tingkatkan Pengalaman Berbelanja

Perhatikan Faktor Distribusi

Kemasan bukan hanya sekedar box atau kardus dari produk. Namun, kemasan juga termasuk wadah dari produk. Untuk produk minuman wadahnya tentu berbeda dengan produk apparel. Sebagai wadahnya, minuman bisa menggunakan gelas plastik, botol plastik atau kaleng alumunium.

Dalam hal ini, saat membuat desain kemasan, kamu harus memperhatikan bentuk dan material yang digunakan, agar memudahkan dalam distribusi atau pengangkutan. Selain itu, aman saat berada dalam perjalanan.

Brand Recognition

Kemasan juga merupakan marketing tool bagi sebuah produk. Oleh karenanya, dalam menentukan desain kemasan yang digunakan, pastikan kamu menyertakan logo, font, tagline dan warna khas dari produk yang kamu miliki. Selain menarik perhatian konsumen, hal ini perlu untuk mengingatkan kembali konsumen pada produk yang pernah dibelinya. Sehingga konsumen pun menjadi pelanggan setia.

Nah, dengan memperhatikan beberapa hal diatas saat membuat desain kemasan, produk yang kamu miliki akan terlihat unik dan menarik perhatian. Sehingga penjualan pun bisa meningkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here