Ini Fasilitas Break Room Keren yang Bikin Semangat Kerja Naik

Keberadaan break room atau ruang istirahat karyawan sama pentingnya dengan ruangan-ruangan lain yang ada di kantor atau tempat kerja. Break room tempat karyawan bisa beristirahat atau bersosialisasi.

Dengan beristirahat, karyawan bisa mengembalikan kebugaran tubuhnya. Pikiran juga segar kembali. Dengan begitu, produktivitas karyawan bisa meningkat dan stres berkurang. Keduanya penting agar kinerja karyawan selalu positif.

Setiap perusahaan tentu memiliki kebijakan tersendiri mengenai ruang istirahat. Baik mengenai kegiatan apa saja yang bisa dilakukan, luasannya maupun desainnya. Secara umum, berikut ini beberapa kelengkapan yang sebaiknya ada di ruang istirahat karyawan:

Desain dan Luas Ruang Istirahat Karyawan

Ruang istirahat sebaiknya memiliki luasan yang cukup untuk menampung karyawan yang ingin beristirahat. Selain itu, sesuaikan desainnya dengan nilai-nilai kerja perusahaan, namun, dengan nuansa yang berbeda agar bisa memperbaiki mood karyawan.

Coffee and Snack

Sediakan kopi dan mesin kopi di ruang istirahat. Kafein dikenal mampu menghilangkan rasa kantuk. Sediakan pula gula dan creamer. Untuk karyawan yang tidak bisa minum kopi karena alasan tertentu, sediakan jenis minuman lain seperti susu atau teh. Selain itu, jangan lupa menyediakan snack dan permen,

Baca Juga: Mencegah Ngantuk Tanpa Kopi Saat Berada di Kantor? Begini Caranya!

Jika memungkinkan, ruang istirahat juga selayaknya dilengkapi dengan peralatan lain seperti microwave dan kulkas.

Sofa dan Area Tidur di Ruang Istirahat

Ruang istirahat tentunya harus memiliki sofa agar karyawan bisa bersantai atau bercengkrama. Selain itu sediakan pula beberapa kursi dan meja untuk makan dan minum. Kalau tidur siang tidak bertentangan dengan kebijakan perusahaan, sediakan pula area tidur bagi karyawan yang ingin beristirahat.

Fun and Games

Belakangan, beberapa perusahaan startup sering melengkapi ruang istirahatnya dengan berbagai macam perlengkapan permainan, seperti video games, meja ping-pong, meja biliyard, dan board games.

Beberapa kelengkapan lain yang juga bisa sediakan adalah televisi, wastafel, dan perlengkapan olahraga ringan.

Nah, dengan melengkapi ruang istirahat dengan kelengkapan diatas, karyawan diharapkan akan segar kembali setelah beristirahat. Tujuannya agar karyawan akan semakin produktif, dan kreatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here