Financial Minimalism: Bukan Sekadar Hidup Hemat tetapi Juga Sederhana

Gaya hidup minimalis bukan sekadar soal konsep hunian. Kamu juga harus menerapkannya dalam mengelola kondisi finansial pribadi. Konsep finansial pribadi yang tak hanya hemat tetapi juga sederhana dikenal dengan istilah financial minimalism.

Jika kamu termasuk orang yang boros, mungkin sudah waktunya untuk menerapkan konsep financial minimalism secara disiplin.

Kenalan Lebih Dekat dengan Konsep Financial Minimalism

Financial minimalism merupakan filosofi yang tak sekadar bertujuan untuk menata kondisi finansial pribadi. Lebih dari itu, konsep hidup ini juga diciptakan untuk membantu setiap orang melepaskan diri dari stres dan rasa takut akibat hal-hal yang bersifat duniawi. Materi memang penting untuk memenuhi kebutuhan hidup, tetapi bukan segalanya.

Itulah sebabnya, kamu disarankan menjaalni hidup yang sederhana agar merasa lebih bahagia. Hiduplah berdasarkan pengalaman, bukan berdasarkan jumlah harta yang dimiliki.

Baca Juga: Mengenal Sinking Fund dan Manfaatnya bagi Kestabilan Kondisi Finansialmu

4 Kunci Sukses Menjalani Konsep Hidup Sederhana

Niat menjalani financial minimalism akan membuahkan keberhasilan bila kamu memahami empat kunci sukses berikut ini:

  • Mengambil kendali tindakan secara sadar: Kamu harus selalu mengambil keputusan finansial secara sadar dan tidak tergesa-gesa. Jangan memutuskan sesuatu hanya berdasarkan keinginan. Bila kamu mempertimbangkannya secara cermat, maka kamu akan terhindar dari risiko impulsive buying.
  • Berani mengambil langkah konkret: Awali niat membereskan kondisi finansial dengan mengambil langkah konkret. Misalnya memangkas jumlah uang belanja hingga 20 persen atau menyisihkan tabungan sebesar 30 persen setiap kali gajian.
  • Meneguhkan niat dengan mengingat alasan awal: Tak dapat dipungkiri kalau gaya hidup hemat dan sederhana bisa membuat jenuh. Itulah sebabnya, kamu harus meneguhkan niat tersebut dengan mengingat alasan awal melakukannya. Jangan sampai kamu lalai karena godaan sesaat.
  • Menemukan kebahagiaan untuk diri sendiri: Kebahagiaan yang baik tidak bersumber dari harta semata. Jadi, kamu tak perlu membandingkan pencapaian diri sendiri dan orang lain. Temukanlah kebahagiaan yang sederhana tanpa memprioritaskan materi.

Hal-Hal Sederhana yang Bisa Dilakukan agar Bahagia

Ketika menjalani gaya hidup financial minimalism, kamu bisa melakukan beberapa hal sederhana ini agar tetap bahagia:

  • Menghabiskan banyak waktu dengan sahabat dan keluarga tanpa harus bepergian atau mengeluarkan banyak uang.
  • Menyingkirkan barang-barang tak terpakai atau mendonasikannya pada orang lain yang membutuhkan supaya rumah lebih nyaman.
  • Menjauhi toxic people yang sering memamerkan hartanya hingga membuat kamu merasa tak nyaman.
  • Meluangkan lebih banyak me time agar terhindar dari stres.
  • Menyiapkan dana darurat secara cermat supaya pengeluaran tak terduga bisa dipenuhi dengan baik.

Jangan berusaha menunda niat melakukan financial minimalism. Mari mencobanya sekarang juga agar manfaatnya lekas terasa bagi kehidupanmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here