Luncurkan Fitur Bayar Tempo, Bukalapak Berikan Dana Pinjaman UMKM

Bukalapak kembali berinovasi di masa pandemi COVID-19 dengan meluncurkan fitur Bayar Tempo untuk mempermudah bisnis para Mitra. Fitur Bayar Tempo ini merupakan fasilitas limit kredit yang bisa digunakan Mitra Bukalapak untuk bertransaksi pembelian produk virtual dan mengisi ketersediaan produk grosir.

Fitur Bayar Tempo ini menjadi alternatif solusi bagi Mitra Bukalapak untuk menerima limit pinjaman yang bisa dibayarkan kapanpun sebelum tanggal jatuh tempo. Bila Mitra Bukalapak melakukan pembayaran sebelum jatuh tempo, mereka akan kembali mendapatkan limit pinjaman. Menariknya, fitur Bayar Tempo ini tak memiliki bunga. Sebaliknya, Mitra Bukalapak akan mendapatkan 1 kali biaya layanan di awal bulan bila limit dipakai.

AVP of Investment & Financing Solutions Bukalapak, Dhinda Arisyiya, mengatakan fitur ini diluncurkan untuk membantu keberlangsungan bisnis Mitra Bukalapak di tengah terpaan pandemi. Terutama, bantuan dari segi permodalan bagi Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM).

“Kami menyadari masih terbatasnya akses terhadap produk pinjaman bagi UMKM dari sisi permodalan, terutama di tengah situasi pandemi ini. Fitur Bayar Tempo ini dihadirkan sebagai salah satu solusi untuk membantu warung Mitra Bukalapak tetap bisa berjualan dan memiliki kemudahan transaksi walaupun belum sempat top up di aplikasi Mitra Bukalapak. Ini juga merupakan langkah kami untuk terus menjaga pilar ekonomi Indonesia,” tutur Dhinda. 

Baca Juga: Founder Bukalapak Siap Investasi US$20 Juta untuk Startup, Asal…

Dalam peluncuran fitur Bayar Tempo ini, Bukalapak menggandeng platform peer-to-peer (P2P) lending Indodana. Indodana telah mengantongi izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 3 Juni 2020 setelah sejak 20 Maret 2018 terdaftar dan diawasi oleh OJK. Kontribusi Indodana dalam fitur Bayar Tempo merupakan upaya mereka untuk mendorong pertumbuhan UMKM.

Bukalapak merupakan satu dari 65 e-commerce yang telah bermitra dengan Indodana. Program kolaborasi semakin digencarkan Indodana selama pandemi COVID-19 ini. Head of Business Development Indodana, Timothy Prawiromaruto, menjelaskan pihaknya membidik lebih banyak UMKM agar mendapatkan akses keuangan untuk mengembangkan bisnisnya.

“Kami sangat bangga bisa meluncurkan produk Bayar Tempo ini dengan salah satu platform e-commerce terbaik di Indonesia yang berfokus pada produktivitas UMKM nasional. Para pelaku UMKM memiliki peran yang sangat signifikan di dalam perekonomian Indonesia,” ujar Timothy.

“Menurut data Badan Pusat Statistik, UMKM menyumbang lebih dari 60 persen Prodik Domestik Bruto. Tapi, di sini lain, kami melihat justru di sinilah kebutuhan pembiayaan terbesar yang masih belum dipenuhi oleh perbankan konvensional. Tepatnya masih ada kekurangan pembiayaan seribu triliun Rupiah per tahun untuk UMKM. Oleh karena itu, peluncuran produk seperti ini sangat penting.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here