Fitur NFC pada Smartphone Bisa Digunakan untuk Mengintip Profil Pemain NBA

Sekarang Dengan Fitur NFC Profil Pemain NBA Bisa Dilihat di Jersey nya
Sumber: mashable

NBA dan Nike melakukan terobosan baru lewat jersey para pemainnya. Di jersey tersebut tersimpan profil pemain serta konten lainnya yang bisa diakses dengan menggunakan smartphone.

Tak seperti musim sebelumnya di mana NBA bekerjasama dengan Adidas dalam pengadaan jersey para pemain, untuk musim ini liga bola basket Amerika tersebut menggunakan jersey milik Nike. Nike bukan hanya mensuplai jersey pemain tapi juga memberikan sentuhan teknologi baru di jersey mereka.

NikeConnect dan Fitur NFC pada Smartphone

Dilansir Sporttechie, di tiap jersey pemain yang juga bisa dibeli oleh para fans NBA, tersimpan chip NFC yang berisi data profil para pemain yang bersangkutan. Profil tersebut bisa dilihat dengan menggunakan smartphone yang telah memiliki fitur NFC. Nike menempatkan chip NFC-nya di-tag NikeConnect yang berada di bagian kiri bawah setiap jersey.

“(Penggunaan chip NFC) adalah salah satu cara untuk menghubungkan para pemain dan fans mereka dan itu memberikan kesempatan kepada fans untuk melihat segala sesuatunya dari sudut pandang pemain dan lebih menikmati permainan bersama kami,” ujar salah seorang pemain klub Golden State Warriors, Kevin Durant.

Teknologi konektivitas Near Field Communication atau NFC sendiri telah banyak disematkan di banyak smartphone Android maupun iOS. Hanya saja sebelum bisa melihat data pada chip NFC yang tersemat di jersey, pemilik jersey harus terlebih dahulu menginstal aplikasi NikeConnect.

Selain profil pemain, pemilik Jersey juga bisa melihat informasi terkait pemain lainnya seperti data statistik, skor saat pertandingan berlangsung atau skor setelah pertandingan berakhir. Selain itu chip NFC pada jersey juga menyimpan konten video berisi cuplikan pra-pertandingan, playlist musik, highlights, dan interview para pemain 30 menit setelah mereka bermain.

Jersey NBA dari Nike yang telah dilengkapi dengan chip NFC sudah bisa didapatkan di awal musim kompetisi NBA 2017/2018. Setelah menyematkan chip NFC-nya pada jersey NBA, bukan tak mungkin Nike juga akan melakukan hal yang sama di jersey para pemain NFL dan sepak bola.

Baca Juga: Agar Mendapatkan Predikat Kekinian, 7 Gadget Ini Wajib Anda Miliki!

Beri Komentar Anda

komentar