Sukses dengan Flip.id, Alumni UI Masuk “Forbes 30 Under 30 Indonesia”

Founders Flip.id masuk daftar Forbes 30 Under 30 Indonesia. (FOTO: dok. Universitas Indonesia).

Menjadi solusi transfer antarbank tanpa biaya administrasi, para pendiri startup Flip.id lulusan Universitas Indonesia (UI) masuk daftar “Forbes 30 Under 30 Indonesia” tahun 2021. Biaya administrasi transfer antarbank yang acap memberatkan konsumen menjadi tonggak didirikannya Flip.id pada tahun 2015.

Adalah tiga alumni Ilmu Komputer UI angkatan 2011 yang membangun startup Flip.id. Rafi Putra Arriyan selaku Co-Founder dan Chief Executive Officer (CEO), Luqman Sungkar selaku Co-Founder dan Chief Technology Officer (CTO), serta Ginanjar Ibnu Solikhin selaku Co-Founder dan Chief Product Officer (CPO). 

Melalui layanannya yang diakses melalui aplikasi Android dan IoS, serta laman resmi, Flip.id bekerja sama dengan 14 bank di Indonesia. Yaitu, transfer antarbank ke BCA, Bank Mandiri, BRI, BNI, dan BNI Syariah. Serta, CIMB Niaga, CIMB Niaga Syariah, BTPN, BTPN Wow, Jenius, Permata bank, Permata Bank Syariah, dan Bank Muamalat.

Per bulannya, Flip.id melayani jutaan lebih transaksi antarbank dengan total nilai triliunan rupiah. Flip.id menawarkan dua layanan. Pertama, Flip Reguler berupa gratis biaya transfer antarbank dengan maksimal transaksi Rp5 juta. Berikutnya adalah Big Flip untuk transfer ke banyak rekening antarbank dengan sekali proses. 

“Jika Flip.id layanan reguler kami lebih fokus membantu individu melakukan transaksi kirim uang untuk kebutuhan personal, Big Flip lebih fokus pada membantu bisnis melakukan operasional keuangan. Seperti penggajian, pembayaran ke partner bisnis maupun ke refund ke customer,” jelas Rafi. 

Baca Juga: Aplikasi YourPay Solusi Transfer Uang ke Indonesia bagi Pekerja Migran

Untuk keamanan transaksi, Flip.id telah mendapatkan lisensi keamanan dan operasional resmi dari Bank Indonesia sejak tahun 2016. Kesuksesan sebagai solusi finansial ini membawa founders-nya masuk daftar tokoh bisnis dan industri yang berusia di bawah 30 tahun.

Dr. Panca Hadi Putra selaku dosen dan Koordinator Humas Fasilkom UI turut bangga dengan pencapaian para alumninya.

“Fasilkom UI sangat bangga dan mengapresiasi setinggi-tingginya para alumni yang berprestasi dan terus memberi manfaat kepada masyarakat Indonesia, serta mengharumkan nama almamater khususnya kampus Fasilkom UI. Semoga menjadi inspirasi bagi mahasiswa kami yang masih menempuh pendidikan di kampus,” ujarnya dilansir dari situs UI.

Selama pandemi COVID-19, Flip.id juga berinovasi dengan meluncurkan layanan pembelian pulsa dan paket data harga agen. Inovasi ini sebagai solusi penerapan pembatasan sosial berskala besar. Strategi harga yang kompetitif dengan penjualan di e-commerce dan m-banking berhasil dilakukan Flip.id untuk menjaring pengguna baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here