Ini 3 Skill Penting bagi Karyawan Fresh Graduate di Generali Indonesia

Generali Indonesia membuka peluang bagi fresh graduate bekerja bersama mereka. (FOTO: dok. Generali Indonesia)

Fresh graduate mungkin bertanya-tanya skill apa sih yang paling dibutuhkan ketika baru memulai karier entry level? Dan seberapa penting pengalaman kerja berperan dalam proses interview kerja? Memang pengalaman kerja tak dipungkiri faktor yang menarik bagi rekruter, namun bagi Generali Indonesia ada tiga skill yang harus dimiliki para calon karyawannya.

Yaitu, technical skill, behaviour skill, dan motivation skill. Alasannya?

Fresh graduate biasanya minim pengalaman. Jadi, akan menyulitkan bagi fresh graduate untuk bersaing berdasarkan pengalaman kerja. Oleh karena itu, fresh graduate bisa “menjual” profilnya kepada rekruter dengan memperkuat technical skill yang dimiliki dengan mengikuti training, workshop, dan yang paling penting just be yourself.

Technical skill jelas harus dimiliki untuk menuntaskan pekerjaan yang diemban. Tanpa kemampuan teknis, pekerjaan akan terbelengkalai. Namun, technical skill bukan satu-satunya garansi kesuksesan karier seseorang lho.

Hal ini ditandaskan Marihot Asi Pasaribu, Human Capital & Knowledge Management Group Head Generali Indonesia, kepada para fresh graduate di acara Gen Start Head, Selasa (21/1). Ia menjelaskan juga pentingnya behaviour skill. Alasannya sederhana, behaviour skill berkaitan dengan kemampuan individu ketika menghadapi sebuah situasi.

Baca Juga: Kembangkan Karier Lewat International Mobility, Gimana Caranya Ya?

Behaviour skill berupa kemampuan berkomunikasi, mengatur waktu, mengatasi masalah atau stres, menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Artinya, behaviour skill turut memengaruhi kinerja karyawan. 

Behaviour skill penting. Ketika kamu sudah berkomitmen atau berjanji, kamu harus menuntaskannya. Misalnya, kamu berkomitmen untuk menghadiri rapat, maka kamu harus datang tepat waktu. Atau ketika berkomitmen menyelesaikan proyek,” ujar Marihot.

“Selain technical skill dan behaviour skill, penting juga untuk memiliki motivation skill. Kamu butuh motivasi untuk berkembang. Tujuan bekerja harus ada. Misalnya, apa tujuan kamu bekerja di Generali? Dengan menetapkan tujuan, kamu termotivasi untuk berkembang,” tandasnya.

Pentingnya tiga skill tersebut menjadikan proses rekrutmen di Generali Indonesia terbilang selektif. Pasalnya, bagi Generali Indonesia, sumber daya manusia merupakan investasi terpenting seperti yang ditandaskan CEO Generali Indonesia Edy Tuhirman dalam Gen Head Start.

Ia menekankan kualitas karyawan menjadi pilar kesuksesan perusahaan, salah satunya kemampuan karyawan dalam berinovasi. Maklum, Generali Indonesia sebagai perusahaan asuransi harus mampu agile agar tidak tertinggal dalam persaingan industri era 4.0.

“Aset terbesar kami adalah karyawan. Mereka yang melahirkan produk dan servis yang akan dinikmati konsumen. Sentral bisnis kami adalah orang. Untuk itu inovasi sangat penting dan menjadi sentral Generali,” bilang Edy.

“Transformasi harus dimulai dari kita sendiri. Misalnya, tidak banyak perusahaan asuransi yang memiliki data analytic. Generali berinovasi dengan memiliki data analytic. Dan untuk itu, Generali membuka peluang bagi generasi milenial untuk bergabung bersama kami,” tuturnya.

Generali Indonesia Buka Peluang Kerja bagi Fresh Graduate

Fresh graduate lulusan universitas luar negeri mengenal lebih dekat program Management Training Generali Indonesia. (FOTO: dok. Generali Indonesia)

Selain melalui program internship yang memberikan peluang bagi mahasiswa untuk meniti karier sebagai intern, Generali Indonesia tengah mempersiapkan program Management Training (MT) bagi fresh graduate lulusan universitas luar negeri.

Baca Juga: Mahasiswa Magang di Generali Dipersiapkan sebagai Future Generation

Melalui program MT, Generali siap membangun Gen Power, yakni generasi milenial yang sarat inovasi. Meski begitu, Edy kembali mengingatkan generasi milenial yang dicari Generali Indonesia adalah generasi yang memiliki tujuan dan motivasi kerja di Generali Indonesia yang terukur.

Sebagai perusahaan asuransi, Generali Indonesia mengedepankan tujuan untuk memberikan memberikan proteksi asuransi jiwa dan kesehatan bagi masyarakat/keluarga Indonesia. Dengan memiliki tujuan yang sama, maka karyawan akan memiliki rasa kepemilikan terhadap perusahaan.

Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu termotivasi untuk memberikan proteksi bagi nasabah/masyarakat bersama Generali Indonesia?

Nah, segera daftarkan diri kamu untuk bergabung dengan Generali Indonesia. Caranya, klik tombol di bawah ini.

Apply Now!

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here