Product Line Extension: Diversifikasi Produk untuk Menggandakan Keuntungan

Membahas tentang strategi bisnis memang seakan tak pernah ada habisnya. Selalu ada saja strategi yang dapat diterapkan sesuai dengan kondisi masing-masing bisnis. Salah satu strategi paling populer dan masih sering digunakan hingga saat ini adalah product line extension

Istilah product line extension tentu masih asing bagi sebagian besar orang. Namun, prinsip tersebut sebenarnya sudah lama diterapkan dalam dunia bisnis. Yuk, cari tahu lebih detail lagi sebelum kamu mempraktikkannya!

Apa yang Dimaksud dengan Product Line Extension

Product line extension adalah strategi bisnis berupa penggunaan nama yang sama untuk produk sejenis maupun produk dari kategori jenis yang berlainan. Tujuannya tentu saja agar semua produk dengan nama yang sama tersebut lekas populer dan menggugah orang untuk menggunakannya. Karena merek yang digunakan memang sudah populer sejak lama.

Baca Juga: 6 Karakteristik Konsumen Digital dan Kebiasaannya Saat Belanja Online

Contoh Diversifikasi Produk dengan Merek yang Sama

Beberapa contoh penerapan product line extension di tanah air, antara lain:

  • Suatu merek deterjen terkenal menyiapkan berbagai varian produk dengan nama yang sama, yaitu deterjen khusus pakaian putih, deterjen anti noda, dan deterjen dengan tambahan pelembut. Sehingga masyarakat menyadari bahwa varian deterjen tersebut berasal dari satu merek yang sama.
  • Merek terkenal untuk produk wafer cokelat kemudian juga digunakan sebagai nama produk minuman cokelat instan. Ketika mendengar nama tersebut, orang-orang pun langsung membayangkan kelezatannya.
  • Produk selai kacang menggunakan satu merek yang sama untuk menyebut aneka variannya, mulai dari selai kacang bertekstur lembut, selai kacang dengan sedikit cincangan kacang renyah, hingga selai kacang dengan tambahan rasa lainnya.

Beragam Manfaatnya bagi Bisnis

Penerapan strategi product line extension dapat mendatangkan beberapa manfaat berikut ini bagi bisnis:

  • Mengikuti tren yang sedang digandrungi masyarakat sehingga bisnis kamu tidak ketinggalan zaman.
  • Menyesuaikan bisnis dengan momentum yang sedang populer, misalnya mengeluarkan produk khusus edisi kemerdekaan atau hari raya tertentu.
  • Menjangkau pangsa pasar yang lebih luas. Semakin bervariasi produk bisnismu, maka semakin besar pula peluang mendapatkan pelanggan baru dari segmen pasar yang berbeda.
  • Jangkauan pangsa pasar yang semakin luas juga akan mempengaruhi peningkatan omzet bisnis.
  • Loyalitas pelanggan meningkat karena selalu penasaran dengan inovasi bisnis yang kamu sajikan.

Tak ada alasan untuk enggan menerapkan strategi product line extension pada bisnismu. Yuk, siapkan inovasi istimewa dan bersiaplah merasakan dampak positifnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here