Gandeng Dukcapil, Doku Percepat Verifikasi Merchants dan Pengguna

Gandeng Dukcapil, Doku Percepat Verifikasi Merchants dan Pengguna
Source: curvetube

Doku Wallet sudah terhubung dengan ribuan merchants dan bank. Untuk meningkatkan layanan Doku Wallet-nya, Doku bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri.

Doku menyediakan layanan payment gateway bagi para penggunanya. Salah satu fitur yang ditawarkan adalah Doku Wallet yang merupakan fitur dompet digital.

Untuk meningkatkan layanannya, Doku belum lama ini dikabarkan menggunakan teknologi machine learning risk engine dan artificial intelligence untuk mengolah data para pengguna dan merchants.

Doku Wallet Minimalisir Rekam Data Ganda Merchants dan Pengguna

Selain menggunakan teknologi terkini untuk mengolah data, Doku juga menggandeng Dukcapil untuk mendapatkan data terlengkap.

Doku Wallet Minimalisir Rekam Data Ganda Merchants dan Pengguna
Foto: selular

Dilansir SWA, dengan adanya kerjasama dengan Dukcapil diharapkan Doku bisa mengurangi terjadinya kecurangan serta perekaman data ganda saat melakukan verifikasi merchants dan pengguna. Mengingat masyarakat Indonesia memiliki profil yang berbeda dari penduduk di negara lain.

Di samping itu, dengan melakukan pengolahan data yang sistematis, proses verifikasi juga diharapkan akan berjalan lebih singkat. Di sisi Kementerian Dalam Negeri, Dukcapil saat ini tengah menggelar program one data policy. Program ini digelar dalam upaya melakukan sentralisasi data penduduk Indonesia.

“Kerja sama Doku dengan Dukcapil akan memanfaatkan nomor induk kependudukan, data kependudukan dan e-KTP, sampai dengan data biometrik. Pemanfaatan data yang dimiliki Dukcapil ini akan efektif memangkas waktu dan meningkatkan akurasi pengecekan data yang dilakukan oleh tim pendeteksi kecurangan Doku, “ ujar Himelda Renuat selaku Chief Marketing Officer Doku.

Mulai diluncurkan 12 tahun yang lalu, Doku saat ini telah memiliki sekitar 80 ribu merchants. Para merchants tersebut terdiri dari personal seller, brand transportasi dan asuransi, serta pihak perbankan. Salah satu layanan yang ditawarkannya adalah layanan transfer domestik dan internasional.

Baca Juga: BluePay: Menyapa Konsumen Indonesia lewat Vending Machine

Doku Wallet Merchants
Foto: doku

Awal tahun ini Doku berencana untuk meningkatkan kerjasama dengan bank-bank kecil. Mengingat banyak kartu pembayaran dari bank-bank berskala kecil belum bisa diterima di berbagai merchants yang ada.

Di sisi layanan, Doku juga telah bekerjasama dengan Bareksa selaku agen penjualan reksadana. Lewat kerjasama tersebut pengguna Doku bisa berinvestasi tanpa harus meninggalkan aplikasi.

Khusus Doku Wallet, layanan ini sudah digunakan oleh 2,5 juta pengguna. Doku Wallet menyediakan layanan pembayaran online dan offline di ribuan merchants yang ditunjuk. Selain itu, layanan ini juga menyediakan pinjaman modal bagi pengguna yang ingin memiliki usaha kecil.

Selain Doku, ranah payment gateway juga diramaikan oleh layanan yang ditawarkan oleh beberapa startup lainnya. Di antaranya adalah DANA dan OVO.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here