Wajib Tahu! Gangguan Kesehatan yang Butuh Penanganan IGD

penanganan IGD
Sumber: tribunnews

Instalasi Gawat Darurat (IGD) sering dianggap sebagai tempat yang menakutkan. Anggapan tersebut memang wajar. Sebab penanganan IGD identik dengan gangguan kesehatan yang parah dan bersifat urgent. Kalaupun Anda belum pernah berurusan dengan IGD, bukan berarti Anda tak perlu mengetahui seluk-beluknya.

Anda wajib tahu bahwa beberapa gangguan kesehatan ini ternyata membutuhkan penanganan IGD

Gangguan Kesehatan akibat Kecelakaan

Sumber : Gard and Co

Bukan hanya kecelakaan lalu lintas parah saja yang butuh penanganan IGD. Kecelakaan yang disebabkan oleh pekerjaan atau hal lainnya juga membutuhkan penanganan yang sama. Terutama jika korbannya mengalami luka parah bahkan hingga tidak sadar. Tim dokter IGD akan memberikan pertolongan pertama secara cepat untuk menstabilkan kondisi pasien pasca kecelakaan.

Baca Juga: Ini Tips saat Membeli dan Menyimpan Ikan agar Lebih Sehat

Alergi Makanan

Sumber : Web MD

Alergi makanan ternyata tak boleh dianggap remeh. Apalagi bila sudah menunjukkan gejala berkelanjutan seperti mual hebat, mulut berbusa, sakit kepala, dan pingsan. Asupan makanan yang menyebabkan keracunan harus segera dikeluarkan dari tubuh. Sehingga tubuh pasien tidak mengalami gangguan kesehatan yang lebih parah lagi. Penanganannya wajib dilakukan secara cepat untuk meminimalkan penurunan kondisi tubuh pasien.

Serangan Stroke

Sumber : Arditor

Jangan menganggap remeh serangan stroke yang bisa terjadi pada siapa saja. Gejalanya bisa berupa kehilangan keseimbangan, kebas (mati rasa) pada bagian tubuh tertentu, wajah tidak simetris, gangguan bicara, linglung, dan sakit kepala hebat. Waktu 4,5 jam setelah serangan stroke pertama terjadi adalah golden period yang mesti dimanfaatkan semaksimal mungkin. Penanganan intensif selama golden period akan meminimalkan kerusakan saraf dan risiko cacat permanen pada pengidap stroke.

Gangguan Pernapasan dan Serangan Jantung

Sumber : NY post

Kedua gangguan kesehatan ini biasanya saling berkaitan satu sama lain. Ada orang yang mengalami gangguan pernapasan akibat serangan jantung. Namun, ada pula gangguan pernapasan yang terjadi akibat kerusakan organ paru-paru. Penanganan IGD sangat dibutuhkan oleh orang-orang yang mengalami gangguan pernapasan dan serangan jantung. Supaya gangguan kesehatan tersebut tidak berakibat fatal. Kekurangan oksigen dalam waktu lama juga dapat mengganggu kinerja otak. Sehingga respon otak dan kondisi kesadaran pasien bisa menurun jiak kondisi jantung atau paru-parunya terus memburuk.

Diare

Penyakit yang satu ini juga sering diabaikan hingga berakibat fatal. Pada tingkat yang lebih parah, diare akan menyebabkan dehidrasi serius dan gangguan metabolisme tubuh. Bahkan, banyak pengidap diare yang meninggal karena tubuhnya sudah tidak dapat merespon asupan cairan yang masuk. Pengidap diare yang sudah mulai lemas dan tak nafsu makan sebaiknya segera mendapatkan penanganan IGD secara serius.

Setelah mengetahui lima kondisi kesehatan darurat tersebut, Anda pasti akan lebih sigap menentukan langkah penanganan yang tepat. Jangan ragu mengandalkan penanganan IGD untuk mengatasi gangguan kesehatan yang bersifat urgent.

Beri komentar Anda tentang artikel ini