Hilangkan Stres! Ini 3 Gaya Meditasi untuk Menjaga Kesehatan Mental

Banyak sekali alasan mengapa seseorang wajib melakukan meditasi. Meditasi sendiri dikenal ampuh menghilangkan stres, mempertajam fokus, serta menenangkan pikiran setelah seminggu penuh berkutat dengan pekerjaan yang tidak ada habisnya. Menurut penelitian, seperti halnya tubuh merespon berbagai jenis makanan dan olahraga, pikiran juga akan melakukan hal yang sama. Itulah sebabnya, sangat penting untuk menemukan gaya meditasi yang sesuai dengan kebutuhan mentalmu.

Setiap gaya meditasi yang dilakukan terdapat banyak sekali manfaat untuk mental maupun fisik yang kelak akan kamu terima. Selain itu, tidak ada gaya meditasi yang salah atau benar untuk dilakukan. Melainkan tergantung menemukan gaya meditasi mana yang lebih efektif dalam memerbaiki kesehatan mentalmu.

Nah, berikut ini adalah tiga tipe gaya meditasi yang paling umum dipraktekkan oleh kebanyakan orang:

Meditasi Menggunakan Mantra

Jenis ini berasal dari tradisi Hindu, ada beberapa variasi kecil dari jenis meditasi ini. Meditasi Veda, Primordial dan Transendental (sering disebut sebagai TM) adalah yang paling umum. Tipe ini akan membuat kamu mengulang kata untuk diri sendiri dalam jangka waktu tertentu. Kamu akan dibiarkan fokus dengan kata itu dalam posisi duduk.

Yang membuat meditasi ini berbeda adalah bagaimana mantra itu diberikan kepada kamu. Mantra Veda dipilih oleh guru dan didasarkan pada ‘perasaan vibrasi’ setiap pelaku meditasi. Sedangkan mantra Primordial didasarkan pada waktu, tanggal, dan lokasi seseorang dilahirkan.

Meditasi dengan Memfokuskan Diri pada Satu Titik

Meditasi ini berasal dari tradisi Buddhisme. Ada beberapa cara untuk mempraktekkan jenis ini, tetapi konsepnya hampir sama untuk semua.

Kamu akan diminta fokus pada satu elemen diri atau lingkungan sekitarnya. Dalam Samatha, pernapasan menjadi titik fokus, sementara dalam Vipassana kamu berkonsentrasi pada sensasi tubuh tertentu.

Baca Juga: Wah, Ini 5 Pose Yoga Menyingkirkan Insomnia hingga Masalah Paru

Meditasi yang Melibatkan Beberapa Gerakan

Gaya meditasi ini berasal dari filsafat timur. Jenis meditasi ini berupa sistem yang lebih melibatkan seluruh anggota tubuh. Yaitu, melibatkan gerakan dan pernapasan yang terkoordinasi.

Qigong dan Tai Chi adalah dua tipe yang paling umum dari jenis ini. Keduanya melibatkan koordinasi gerakan mengalir lambat dan pernapasan dalam yang terpola dan dilakukan dalam keadaan pikiran yang tenang.

Untuk seseorang yang baru bermeditasi, cara memilih gaya yang sesuai adalah dengan mencoba keseluruhan jenis meditasi yang ada selama periode tiga minggu.

Nah, apabila saat melakukan salah satu gaya meditasi, kamu merasa ingin melakukannya lagi dan lagi, maka ini adalah pertanda bahwa kamu cocok menggunakan gaya tersebut.

Kamu mulai merasa bahagia setelah melakukannya. Nah, lakukanlah secara rutin agar manfaatnya dapat kamu rasakan secara maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here