Bukan Menakutkan, Gemar Nonton Film Horor Ternyata juga Punya Manfaat Positif Lho!

nonton film horor
sumber: feedme

Apakah Anda termasuk orang yang gemar dengan film bergenre horor? Jika jawabannya ‘ya’, maka ada kabar gembira untuk Anda. Menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Westminster University di London, nonton film horor terbukti bisa membakar kalori layaknya berolahraga. Jumlah kalori yang dibakar juga bermacam-macam, tergantung dari tingkat menegangkannya film horor yang ditonton. Selain membakar kalori, nonton film horor juga akan mendatangkan manfaat positif lainnya untuk tubuh Anda. Penasaran apa saja manfaat positif tersebut? Seperti yang dilansir dari laman Drhealthbenefits, simak ulasan selengkapnya berikut ini.

Manfaat Positif yang Diperoleh dari Nonton Film Horor

nonton film horor

1. Memacu Adrenalin

Menyaksikan film horor akan membuat adrenalin seseorang menjadi terpacu, terlebih jika film horor tersebut memiliki banyak scene jumpscare. Dengan terpacunya adrenalin tersebut, maka hal ini akan mengubah mood seseorang menjadi lebih baik dari sebelumnya. Sebab, ketika adrenalin sedang terpacu, secara tidak sadar manusia akan melupakan segala permasalahan yang sedang dihadapinya. Jadi, bagi Anda yang sedang bad mood, film horor bisa menjadi solusi untuk mengembalikan mood Anda menjadi good mood.

Baca Juga: Benarkah Menonton Film Horor Baik untuk Mengusir Stres?

2. Membuat Diri Anda Semakin Kuat Menghadapi Kenyataan

Film horor dapat membantu Anda untuk lebih mempersiapkan diri secara mental dan fisik untuk menghadapi segala masalah yang datang secara mendadak. Anda akan menjadi lebih peka dan sadar tentang segala hal yang ada di sekitar, misalnya Anda dapat mengantisipasi hal-hal yang berbahaya dalam hidup Anda. Ketika Anda berpikir bahwa diri Anda berada dalam bahaya, maka Anda secara otomatis akan berpikir tentang bagaimana cara mempertahankan diri. Film horor secara tidak langsung akan memberi Anda ide tentang cara keluar dari situasi yang sulit dalam kehidupan nyata.

3. Menyembuhkan Phobia

Para ahli psikologi dan juga terapis profesional banyak yang menggunakan film horor untuk mengatasi masalah phobia tertentu pada seseorang. Film horor terbukti ampuh dan efektif untuk menyembuhkan beberapa jenis phobia, terutama phobia yang berkaitan erat dengan hal-hal mistis. Jadi, jika diri Anda termasuk orang yang phobia dengan hal mistis, kegelapan, dan juga pembunuhan, maka beranikan diri Anda untuk menonton film horor. Kemungkinan besar perlahan demi perlahan rasa phobia terebut akan hilang.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Manfaat positif dari nonton film horor selanjutnya adalah mampu meningkatkan fungsi otak. Berdasarkan hasil penelitian, kerja otak kita akan meningkat. Karena ketika kita sedang menonton film horor, otak kita akan melepaskan zat seperti dopamine, glutamat dan serotonin. Dengan demikian, otak kita akan selalu waspada untuk sementara waktu.

5. Mengurangi Berat Badan

Seperti yang sudah dibahas sedikit di atas, menyaksikan film horor terbukti membakar kalori. Dengan demikian, secara tidak langsung manfaat positif dari pembakaran kalori tersebut adalah berkurangnya bobot tubuh Anda. Selain itu, jantung yang selalu beredebar-debar ketika sedang menyaksikan film horor juga akan menambah jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh. Sehingga, dampaknya untuk menguruskan badan pun semakin efektif. Jadi, bagi Anda yang sedang menjalani program diet, Anda bisa menjadikan film horor sebagai hiburan Anda.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here