Gempa Bumi di Lombok Kembali Terjadi, Lakukan Hal-Hal Ini untuk Mengantisipasinya!

gempa bumi di lombok
SUmber: liputan6

Minggu malam, 5 Agustus 2018, gempa bumi di Lombok kembali terjadi. Sekitar pukul 18.46 WIB, guncangan gempa 7 SR terjadi di Nusa Tenggara Barat dan sempat diinfokan sebagai potensi tsunami. Namun, status potensi tsunami tersebut kemudian dicabtu oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sekitar pukul 20.00 WIB. Gempa bumi di Lombok kemarin bukanlah yang kali pertama terjadi. Minggu lalu, Lombok juga sempat diguncang gempa bumi. Jika kamu berada di kawasan rawan gempa bumi, ada baiknya kamu memahami hal-hal apa saja yang bisa kamu lakukan dalam menghadapi gempa bumi. Alih-alih terpancing oleh isu tidak jelas, lebih baik kamu pelajari hal berikut mulai dari sekarang.

Belajar dari Gempa Bumi di Lombok, Lakukan Hal Ini Sebelum Terjadi Gempa Bumi

Sumber: Nasional Tempo

Pahami Struktur Bangunan Tempat Tinggal

Memahami struktur bangunan tempat tinggal sangat penting buat kamu yang tinggal di daerah rawan gempa. Selain itu, periksalah apakah tempat tinggalmu dapat terhindar dari bahaya yang disebabkan gempa bumi, misalnya longsor. Jika bangunan tempat tinggalmu sering rusak karena gempa bumi, ada baiknya kamu melakukan renovasi sebelum kerusakan parah bertambah.

Pahami Lingkungan Tempat Bekerja

Jika dalam sebuah bangunan, misalnya tempat kerja, kamu juga harus memahami lingkungan di dalamnya. Misalnya, di mana letak tangga darurat, P3K, jalur evakuasi, hingga nomor penting yang bisa dihubungi saat terjadi gempa bumi.

Baca Juga: BNPB: 91 Orang Meninggal Dunia karena Gempa Lombok

Perhatikan Barang-barang di Rumahmu

Ada baiknya perabotan di rumahmu diatur agar menempel pada dinding untuk menghindari jatuh dan roboh saat terjadi gempa bumi. Selain itu, biasakan mematikan air, gas, dan listrik jika sedang tidak digunakan. Begitu pula dengan benda yang biasa menggantung di atas, misalnya lampu. Pastikan kamu rutin mengecek kestabilannya karena benda-benda yang menggantung cenderung paling mudah jatuh jika ada guncangan.

Ketersediaan Alat-alat Saat Terjadi Gempa Bumi

Siapkan dirimu dengan alat-alat yang sangat berguna saat terjadi gempa bumi, antara lain P3K, senter beserta baterai, radio, makanan, hingga suplemen makanan lain.

Sama Seperti Gempa Bumi di Lombok, Saat Terjadi Gempa Bumi Orang-Orang Cenderung Panik

Sumber: beepdo

Ketika gempa bumi terjadi, pastikan kamu melakukan tindakan penyelamatan diri yang tepat. Jika kamu berada di dalam bangunan, lindungi dirimu dari reruntuhan barang dengan berlindung di bawah meja dan pastikan menuju ke tempat aman untuk berlindung. Lain halnya jika kamu sedang berada di luar bangunan. Hindari berada di dekat bangunan, tiang listrik, atau pohon. Perhatikan pula tempatmu berpijak tidak retak. Ketika kamu sedang dalam kendaraan, keluarlah dari kendaraan dan lakukan perlindungan diri dengan menjauhi gedung, tiang listrik, dan pohon. Untuk kamu yang tinggal berada di dekat pantai, jauhilah pantai untuk menjaga potensi tsunami yang mungkin muncul. Sementara bagi yang tinggal di daerah pegunungan bisa menghindari daerah yang rawan terkena longsoran akibat gempa bumi.

Baca Juga: 3 Cerita Dramatis Evakuasi Pendaki Gunung Rinjani usai Gempa Lombok

Setelah Terjadi Gempa Bumi, Hal-Hal Ini Bisa Kamu Lakukan

Sumber: liputan6

Keluar Bangunan tanpa Harus Berebutan

Ketika gempa bumi sudah reda, segeralah keluar dari bangunan dengan tertib tanpa harus berebutan. Keluar dengan tidak tenang hanya akan menambah rasa panik. Gunakan tangga darurat dan lihat ada korban yang harus ditolong atau tidak. Gunakan alat P3K jika kamu menemukan korban yang terluka.

Periksa Lingkungan Sekitar

Pekalah juga pada lingkungan sekitar. Periksa apakah ada terjadi kebakaran, kebocoran gas, atau hubungan arus listrik pendek. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi bahaya yang muncul setelah gempa bumi.

Jangan Masuk dan Berjalan-jalan di Daerah yang Terkena Gempa Bumi

Jangan memasuki bangunan yang sudah terkena gempa sebelum ada instruksi dari pihak terkait karena bisa jadi masih terdapat reruntuhan dan munculnya gempa susulan. Hindari juga untuk berjalan-jalan di sekitar daerah terkena gempa bumi.

Update Informasi dari Sumber-sumber Terpecaya, Jangan Mudah Terpancing Isu

Saat gempa bumi terjadi, tentu banyak sekali informasi simpang siur akan diterima. Pastikan kamu tetap fokus meski dalam kondisi berduka setelah gempa bumi. Dengarkan saja informasi yang dikeluarkan oleh BMKG. Bisa melalui televisi atau media sosial resmi BMKG.

Gempa bumi di Lombok memang menjadi duka cita bagi bangsa ini. Namun, ada baiknya kita juga belajar untuk segera bangkit dari duka ini. Semoga keluarga yang ditinggalkan dapat dikuatkan. Buat kamu yang juga tinggal di daerah rawan gempa, semoga informasi ini bisa menjadi pedoman kamu jika suatu saat mengahadapi gempa bumi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here