Mengerikan, Inilah Bencana Gempa Bumi Terdahsyat yang Pernah Terjadi di Dunia

gempa bumi terdahsyat
sumber: abadikini

Pulau Lombok yang berlokasi di Nusa Tenggara Barat (NTB) baru saja dilanda musibah gempa bumi berkekuatan 6,9 magnitudo. Atas musibah ini, banyak sekali rumah warga yang rubuh, selain itu, menurut data yang dilansir dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), jumlah korban jiwa yang meninggal dunia akibat gempa di Pulau Lombok mencapai 164 orang. Bicara seputar gempa bumi, nyatanya ada musibah gempa bumi terdahsyat yang pernah melanda planet Bumi. Gempa bumi hebat tersebut menghancurkan banyak sekali bangunan dan rumah, selain itu, korban jiwa yang meninggal dunia juga sangat banyak. Penasaran dimana saja lokasi gempa bumi tersebut? Seperti yang dikutip dari laman Earthquake, berikut ulasannya untuk Anda.

Sejumlah Gempa Bumi Terdahsyat yang Pernah Melanda Bumi

1. Gempa Bumi Tohoku-Jepang

Sumber: thejapansociety

Gempa bumi yang terjadi di lepas pantai Pasifik Tohoku termasuk sebagai musibah gempa bumi terdahsyat ke-4 di dunia. Gempa bumi ini berkekuatan 9.1 magnitudo dan menimbulkan bencana tsunami. Alhasil, ratusan warga Jepang saat itu meninggal dunia akibat tertiban reruntuhan dan tersapu badai tsunami. Atas musibah ini, setiap tanggal 11 Maret warga Jepang mengadakan upacara sakral untuk mengenang arwah korban yang meninggal dunia. Sekadar informasi, gempa bumi Tohoku ini terjadi pada tanggal 11 Maret tahun 2011.

Baca Juga: Sebelum Lombok, 5 Gempa Bumi Ini Pernah Guncang Indonesia

2. Gempa Bumi Samudera Hindia

Sumber: ibtimesuk

Sebenarnya, musibah gempa bumi yang satu ini dikenal oleh warga Indonesia dengan istilah bencana “tsunami Aceh”. Musibah yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 ini merupakan gempa bumi terdahsyat ke-3 di dunia. Gempa bumi ini juga merupakan musibah gempa bumi dengan jumlah korban jiwa terbanyak di dunia. Titik gempa bumi ini terjadi berada di lepas pantai Sumatera dengan kekuatan 9.1 magnitudo. Tercatat setidaknya 280 ribu orang dinyatakan meninggal dunia dari keseluruhan 14 negara yang dilanda oleh badai tsunami akibat gempa bumi ini, salah satu daerah dengan jumlah korban jiwa terbesar berasal dari Aceh, kurang lebih ada sekitar 100 ribu orang yang meninggal dunia di Aceh.

3. Gempa Bumi Alaska

Sumber: seattletimes

Gempa bumi hebat yang terjadi pada tanggal 27 Maret 1964 ini merupakan gempa bumi terdahsyat ke-2 yang pernah terjadi di bumi. Gempa bumi ini berkekuatan 9.2 magnitudo dan menimbulkan gelombang tsunami di wilayah Pangeran William Sound, Alaska. Atas peristiwa mengerikan ini, setidaknya terdapat ratusan warga Alaska dan sekitarnya yang meninggal dunia. Total kerugian yang diderita oleh Pemerintah Alaska ditaksir sebesar 2,3 milyar US dolar.

4. Gempa Bumi Valdivia-Chili

Sumber: britannica

Gempa bumi Valdivia merupakan gempa bumi paling dahsyat yang pernah melanda bumi. Gempa super hebat ini terjadi di kota Bio-Bio, Chili. Gempa bumi yang terjadi pada tanggal 22 Mei 1960 ini memiliki kekuatan sebesar 9.6 magnitudo. Dampak dari gempa bumi ini juga menimbulkan gelombang tsunami. Jumlah korban jiwa akibat gempa bumi hebat ini ditaksir sekitar 7500 orang. Atas musibah ini Pemerintah Chili juga mengalami kerugian materi yang sangat besar.

Beri komentar Anda tentang artikel ini