Hal-Hal Tak Terduga Ini Bisa Membuat Generasi Milenial Kehilangan Motivasi Kerja

kehilangan motivasi kerja
Sumber : Our Business News

Sulit sekali menuntaskan pekerjaan dengan baik bila sedang kehilangan motivasi kerja. Padahal setiap pekerjaan yang Anda hadapi tentu harus diselesaikan sebaik mungkin dalam rentang waktu tertentu. Hilangnya motivasi kerja rupanya sering dialami generasi milenial yang kini berada dalam masa produktif. Akibatnya, pekerjaan jadi terbengkalai karena semangat yang menurun.

Kalau Anda sudah memahami hal-hal yang bisa membuat Anda kehilangan motivasi kerja, niscaya Anda bisa menghadapinya dengan kepala dingin

Peraturan Perusahaan Terlalu Ketat

Sumber : CNN Philippines

Banyak generasi milenial yang merasa bahwa ketatnya peraturan perusahaan malah membatasi kreativitas. Anda jadi tidak punya kebebasan seutuhnya ketika menjalani pekerjaan. Salah satu yang sering menjadi masalah bagi generasi milenial adalah keterikatan jam kerja. Faktanya, mayoritas generasi milenial bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik meskipun jam kerjanya fleksibel. Untuk mengatasi hal ini, mungkin Anda bisa berkomunikasi dengan atasan tentang hambatan yang Anda rasakan.

Terlalu Lama Berada di Zona Nyaman

Sumber : Irish Times

Bukan rahasia lagi kalau ternyata generasi milenial tidak betah berlama-lama berada di zona nyaman. Karena zona nyaman malah rentan menyebabkan generasi milenial kehilangan motivasi kerja. Sebelum Anda telanjur bosan dengan pekerjaan, alangkah lebih baik bila Anda mencoba menangani pekerjaan yang lebih menantang. Anda bisa meyakinkan atasan Anda untuk mempercayakan tanggung jawab yang lebih besar. Sehingga Anda tergerak untuk belajar lebih banyak sembari menuntaskan pekerjaan.

Baca Juga : Mengapa Perusahaan Memilih Karyawan tanpa Pengalaman? Ini Alasannya!

Atasan yang Diktator dan Sering Curiga

Sumber : Pure Wow

Kehilangan motivasi kerja rupanya dapat disebabkan oleh atasan yang diktator dan sering curiga. Tugas atasan memang mengawasi karyawan agar bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai ekspektasi. Namun, bukan berarti hal ini membuat atasan bebas bertindak diktator. Karyawan juga butuh kelonggaran supaya bisa mengembangkan diri secara maksimal. Hal sepele ini sangat penting. Terutama bila Anda bekerja di industri yang membutuhkan kreativitas.

Politik Tak Sehat di Kantor

Sumber : Blog Carreira Beauty

Tidak semua orang tertarik untuk terlibat dalam politik tak sehat di kantor. Generasi milenial termasuk kelompok pekerja yang tidak tertarik dengan politik. Persaingan sehat jauh lebih menyenangkan untuk dijalani. Sebaliknya, politik tidak sehat malah rentan menyebabkan generasi milenial kehilangan motivasi kerja. Karena ruang gerak di kantor seakan dibatasi oleh kepentingan politik satu sama lain.

Kalau Anda mengalami 1 dari 4 hal tersebut, berarti Anda harus cermat menyemangati diri sendiri. Jangan sampai produktivitas Anda menurun hanya karena kehilangan motivasi kerja. Ingatlah setiap hal baik yang sudah Anda dapatkan selama Anda bekerja di tempat yang sekarang.