Calling for Startup: GK-Plug and Play Indonesia 5.0 Kembali Dibuka!

Calling for Startup : GK-Plug and Play Indonesia 5.0 Kembali Dibuka!
16 Startup Terpilih dalam GK-Plug and Play Indonesia Expo Day 4.0 (25/04/2019)

Sebagai lembaga yang siap mengakselerasi startup, GK-Plug and Play Indonesia sudah empat kali menyelenggarakan program akselerasi startup. Indonesia menjadi negara yang sangat berpotensi untuk menjadi “the next new digital wave“. GK-Plug and Play Indonesia melihat adanya kebutuhan industri yang saling bersinergi antara startup dengan perusahaan.

Meski selama ini startup dan perusahaan sering dianalogikan sebagai semut dan gajah, namun menurut Wesley Harjono, Managing Partner GK-Plug and Play Indonesia, kolaborasi yang dilakukan antara startup dengan perusahaan bisa menjadi win-win solution untuk pertumbuhan bisnis.

“Dalam hal (kolaborasi) ini, perusahaan startup menjadi penyedia solusi ready to use. Karena bisnis rintisan ini menghasilkan hal-hal praktikal yang bersifat praktis. Sedangkan perusahaan dapat mengisinya dengan membantu pendanaan agar keduanya dapat berjalan beriringan,” jelas Wesley.

GK-Plug and Play Indonesia memiliki tiga fokus pengembangan startup yaitu startup yang berkiprah di ranah keuangan, IoT & Mobility, serta Food & Agriculture. GK-Plug and Play Indonesia tidak membatasi startup yang berhak mendapatkan pendanaan dan mentoring. Namun, karakter founders menjadi penentu apakah startup tersebut berhak dieskalasi atau tidak.

“Kami tidak melihat dari usia founders, tetapi kami lebih melihat kepada karakternya bagaimana. Seberapa kuat komitmen founders ini untuk tumbuh bersama. Dengan ekosistem startup yang terbentuk, kami membantu untuk mencarikan investor yang lebih strategis. Tidak ada sharing profit,” lanjut Wesley.

Dalam GK-Plug and Play Expo Day 4.0, Plug and Play Indonesia memilih 16 startup yang dinilai layak untuk mendapatkan bantuan pendanaan dan mentoring, karena produknya yang sudah jalan serta berpotensi untuk berkolaborasi dengan perusahaan mitra. Keenam belas startup terpilih tersebut, yaitu :

  1. Coinhako
  2. PayOK
  3. Magpie.IM Inc
  4. Bizhare
  5. Bandingin
  6. Vymo
  7. PolicyPal
  8. Intello Labs
  9. ATM Sehat
  10. RaRa Delivery
  11. Lacak.io
  12. LogicNesia
  13. Piniship
  14. Aquifi, Inc
  15. TernaKopi
  16. RedKendi

Baca Juga: Sayurbox, Startup Potong Rantai Distribusi Panen Petani

Dari empat angkatan GK Plug and Play Indonesia Expo Day, 20 startup telah didanai dengan total pendanaan sekitar $50.000. Selain mendapat suntikan dana dari GK-Plug and Play Indonesia, startupstartup yang terpilih juga mendapatkan area coworking space gratis dan mentoring baik dari para investor maupun para pakar di bidangnya.

Plug and Play Indonesia masih terus akan memberdayakan startup mengingat pemain bisnis digital merupakan salah satu penyumbang pendapatan negara terbesar di era industri 4.0 saat ini. Untuk itu, GK-Plug and Play Indonesia kembali membuka pendaftaran GK-Plug and Play 5.0 dan memanggil para founders untuk mendaftarkan startupnya di sini hingga 7 Juni 2019.

“Selanjutnya GK-Plug and Play Indonesia akan bekerja sama dengan regulator dan perguruan tinggi agar bisa mengarahkan startupstartup yang lahir dari program inkubator di kampus. Selain itu, kami juga tidak hanya ingin membantu startup yang ada di ranah teknologi. Kami juga ingin membantu startup konvensional agar bisa berkembang lebih pesat.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here