Growth Marketing: Bidang Pekerjaan Modern yang Berkembang di Era Digital

Tim marketing merupakan ujung tombak yang mendukung kesuksesan bisnis. Kini, ilmu pemasaran tersebut sudah mengalami perkembangan pesat seiring berjalannya waktu. Konsep pemasaran tradisional sudah berkembang secara kompleks menjadi growth marketing.

Meskipun istilah growth marketing masih asing di bidang pekerjaan dan bisnis, implementasinya sudah mulai diterapkan secara luas oleh berbagai bidang usaha.

Apa yang Dimaksud dengan Growth Marketing?

Growth marketing merupakan strategi pemasaran yang tak hanya fokus mendapatkan banyak pelanggan, melainkan juga memperoleh pelanggan yang akan bertahan lama. Sebab loyalitas pelanggan adalah salah satu faktor penentu keberhasilan suatu bisnis.

Bisnis akan berjalan lancar dan berkembang pesat jika mendapatkan banyak pelanggan baru sekaligus mempertahankannya agar tidak beralih ke kompetitor.

Baca Juga: Guerrilla Marketing: Teknik Promosi Minimalis Demi Mendapat Hasil Maksimal

Mengapa Konsepnya Berbeda dengan Marketing Konvensional?

Tak seperti konsep marketing konvensional, growth marketing mengombinasikan upaya personal branding, efisiensi biaya, dan kecanggihan teknologi. Sehingga bisnis dapat dikenal banyak orang dan menggugah ketertarikan banyak pelanggan tanpa mengeluarkan biaya besar. Beberapa contoh konkret peran growth marketing antara lain:

  • Memaksimalkan campaign digital di internet agar brand bisnis semakin populer. Selain bisa dilakukan melalui pemasangan iklan di internet, ada berbagai cara kreatif lainnya seperti membangun branding dengan menyiapkan akun media sosial bisnis dan menghadirkan konten-konten menarik.
  • Mengandalkan direct selling untuk menjangkau pelanggan secara luas sekaligus mencari tahu ekspektasi pelanggan.
  • Mengamati strategi kompetitor dan mengambil manfaatnya untuk mendukung pengembangan bisnis.
  • Membuat acara menarik untuk para blogger dan vlogger yang akan mempromosikan bisnis.

Kemampuan Kerja yang Harus Dimiliki Growth Marketer

Bila kamu bekerja di bidang growth marketing, maka kamu wajib menguasai beberapa kemampuan berikut ini:

  • Riset pasar (customer research) dengan metode yang tepat sehingga bisa memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan serta perubahan tren pasar.
  • Brand markering agar bisnis dikenal sebagai brand yang punya ciri khas dan bermanfaat.
  • Analisis data supaya data-data yang diperoleh bisa diterjemahkan secara mudah dan mendukung strategi bisnis selanjutnya.
  • Otomatisasi sistem pemasaran (marketing automation) yang efektif meringankan kinerja tim, misalnya chatbots, pengiriman email otomatis, dan sistem dokumentasi yang canggih.

Growth marketing adalah bidang pekerjaan yang terus berkembang dan menjanjikan jenjang karier cemerlang di masa depan. Sekarang, kamu bisa mempelajarinya secara detail sebelum terjun ke bidang tersebut dan menjadi marketer andal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here