Rekan Kerja Iri pada Prestasi Anda, Apa yang Harus Dilakukan?

Apakah baru-baru ini Anda mendapat promosi di kantor? Atau Anda baru mendapat kenaikan gaji dari bos? Bila ini terjadi, wajar bila rekan kerja iri pada Anda. Situasi di kantor pun bisa berubah. Misalnya, mereka bersikap tidak acuh pada Anda atau tiba-tiba bersikap antagonis. Untuk menghadapi rekan kerja iri, ada beberapa sikap yang bisa Anda tempuh agar situasi di kantor tidak memburuk.

Jaga Sikap di Luar Kantor

Anda tentu udah bekerja keras untuk mendapat pengakuan di kantor sehingga sepantasnya Anda bangga atas prestasi yang telah dicapai. Namun, Anda masih tetap perlu untuk bersikap low profile dan tidak terlihat sombong.

Membangga-banggakan diri hanya akan meningkatkan tensi rekan kerja iri pada Anda. Lantas, bukan berarti juga Anda tidak bisa memperlihatkan rasa bangga atas prestasi yang dicapai di sosial media atau tempat kerja. Hanya saja lakukan dengan faktual dan sederhana.

Jangan Meminta Maaf

Saat rekan kerja iri pada kesuksesan yang telah Anda raih, jangan meminta maaf kepada mereka. Cukup wajar bila rekan kerja merasa marah dengan pengembangan karir Anda yang luarbiasa. Tetapi, mereka yang tidak mendapatkan penghargaan tentu tidak ingin mendengar bagaimana Anda berjibaku untuk mencapai prestasi tersebut melalui permintaan maaf. Jadi, tidak usah minta maaf atas semua pencapaian Anda pada orang yang pada dasarnya tidak mau berusaha maksimal.

Baca Juga: Sering Dicuekkin Rekan Kerja? Mungkin Dia Berkepribadian Pasif-Agresif

Ajari Mereka Resep Sukses, bukannya Mengejek

Sungguh tak menyenangkan ketika Anda dibenci karena melakukan sesuatu dengan baik. Barangkali, ketika rekan kerja menunjukkan rasa irinya, Anda ingin menyerang. Tetapi ini bukanl respon yang direkomendasikan.

Alih-alih, tawarkan nasihat bermanfaat pada mereka yang nampaknya merasa kesal. Jelaskan bagaimana Anda menemukan cara untuk mengurai masalah sehingga proyek Anda berhasil. Berikan saran bagaimana mereka juga sebenarnya bisa meningkatkan skill.

Bertemanlah dengan Teman yang “Positif”

Untuk menangkal rekan kerja iri pada prestasi Anda, bangunlah sekutu yang kuat. Mereka akan menjadi pendukung Anda ketika dorongan dan tantangan datang untuk merendahkan Anda. Selain itu, teman yang positif akan membuka pintu bagi Anda dan bersedia untuk membantu.

Hadapi Trouble Maker

Sikap iri dapat mendorong sebagian orang berperilaku buruk. Anda mungkin bisa menjadi korban gosip, pengucilan, atau sabotase, baik secara halus maupun secara langsung. Pelanggar yang serius haruslah diajak berbicara empat mata. Katakan pada mereka secara pribadi agar masalah kecemburuan di tempat kerja ini dapat diselesaikan.

Dengan cara ini, Anda seperti mendorong rekan kerja untuk berbicara jujur tanpa memicu pembelaan diri. Jika perlu, sorot fakta bahwa perilaku mereka dapat merusak kinerja tim secara keseluruhan. Tawarkan untuk bekerja sama agar semua masalah dapat terselesaikan tanpa harus melibatkan HRD.

Tetap Bersikap Akrab pada Mereka

Ketika Anda menjadi “the rising star“, rekan kerja iri pada Anda adalah hal wajar. Sementara itu, Anda bisa mendapat kekuatan untuk membuat mereka merasa dilibatkan. Bagaimana caranya saat Anda ingin menjangkau dan mengakui mereka? Anda bisa memberi mereka pujian atas usaha selama berjalannya waktu atau melibatkan mereka pada proyek selanjutnya. Bisa jadi, rekan kerja Anda tersebut dapat menjadi sekutu yang akhirnya saling mendukung kesuksesan karir.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here