Simple Saja, 4 Hal Inilah yang Buat Menikah Itu Mahal!

Menikah Ini Murah, 5 Hal Inilah yang Buat Menikah itu Mahal!
Sumber: Pixabay

Di antara banyak momen indah di dalam hidup, menikah tentu saja menjadi salah satu momen paling membahagiakan karena dua cinta akan disatukan. Bagaimana tidak, dengan momen ini, kamu bisa mengarungi babak baru hidupmu sebagai sosok suami ataupun ayah bagi anak-anakmu kelak. Sayangnya, banyak orang menunda menikah karena menganggap bahwa menikah itu mahal.

Menikah itu murah, guys! Kamu hanya perlu ijab qabul atau pemberkatan sambil beramah-tamah setelahnya. Tak perlu uang berjuta-juta untuk melakukannya. Hanya, beberapa hal inilah yang membuat menikah yang seharusnya sakral berubah menjadi sebuah prosesi yang butuh biaya banyak.

Adat Istiadat dari Masing-Masing Keluarga, Salah Satu Faktor Kenapa Menikah itu Mahal

Adat Istiadat Dari Masing-Masing Keluarga, Salah Satu Faktor Kenapa Menikah itu Mahal
Sumber: Pixabay

Banyak orang mengaku bahwa mereka menunda pernikahan karena permasalahan adat istiadat. Beberapa suku di Indonesia memang memberikan beberapa aturan yang cukup memakan biaya untuk pernikahan. Dengan adat istiadat ini, menikah bukan hanya jadi pesta dan kesenangan untuk kamu dan pasangan, namun juga dengan orang sekampung di mana pesta pernikahan itu dilaksanakan. Ini belum termasuk mahar yang diberikan sebagai tanda jadi pernikahan. Tak heran, biayanya tak sedikit.

Baca Juga: Kencan Hemat Ala Karyawan yang Bikin Biaya Pernikahan Cepat Terkumpul

Gengsi Sebagai Sosok Manusia, Sisi Gelap Manusia yang Buat Menikah Itu Mahal

Gengsi Sebagai Sosok Manusia, Sisi Gelap Manusia yang Buat Menikah Itu Mahal 
Sumber: Pixabay

Jika kamu bertanya faktor apa dari sisi manusia yang buat menikah itu mahal, jawabannya adalah gengsi. Padahal, jika seseorang tidak memikirkan gengsi, tentu menikah itu akan jadi murah. Namun, masalah gengsi jadi suatu persoalan. Dilabeli sebagai kegiatan sekali seumur hidup, pernikahan lantas menjadi ajang untuk unjuk gengsi pada tetangga, kawan, dan kolega bahwa mereka tak kalah kerennya dari yang lain.

Pernikahan adalah Proses yang Bukan Hanya Penyatuan Kamu dan Si Dia, namun Juga Penyatuan Dua Keluarga yang Beda Wataknya

Pernikahan adalah Proses yang Bukan Hanya Penyatuan Kamu dan Si Dia, Namun Juga Penyatuan Dua Keluarga yang Beda Wataknya
Sumber: Pixabay

Kamu tentu paham bahwa pernikahan sebenarnya bukanlah hanya terbatas pada penyatuan cinta antara dirimu dan dirinya. Pernikahan juga merupakan proses penyatuan dua keluarga dengan kultur yang berbeda. Hal inilah yang buat menikah jadi mahal. Niat hati ingin sederhana, apa boleh buat karena keluarga memaksa untuk hura-hura. Apalagi, jika ternyata keluargamu dan keluarganya adalah keluarga besar. Tentu, sulit membuat acara yang sederhana. Kalaupun bisa, tentu ada cibiran dan selentingan yang muncul setelahnya.

Pernikahan yang Mewah Tentu akan Dikenang Banyak Orang

Pernikahan yang Mewah Tentu Akan Dikenang Banyak Orang
Sumber: Pixabay

Ada orang-orang yang tentu berpikiran seperti ini. Padahal, pikiran ini belum tentu ada benarnya. Kenyataannya, orang yang datang belum tentu ingat bagaimana meriahnya pesta pernikahanmu 5 tahun lalu. Mereka mungkin akan merasakan betapa meriahnya pernikahan itu di saat hari H atau paling lama 1 tahun. Biar begitu, masih banyak yang percaya dan lantas mencari sejumlah dana untuk melangsungkan pernikahan. Tak heran, menikah itu mahal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here