Hal-Hal yang Harus Diketahui Fresh Graduate Tentang Outsourcing

Fresh Graduate Outsourcing

Bagi fresh graduate, mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah. Belum adanya pengalaman kerja membuat fresh graduate sulit untuk bersaing mendapatkan pekerjaan di perusahaan. Solusi alternatifnya adalah memilih bidang industri, tapi ternyata melamar pekerjaan di bidang industri selalu dihadapkan pada mekanisme outsourcing.

Sebagian besar pelamar kerja sangat anti dengan sistem kerja outsourcing ini. Tapi bagi Anda yang baru lulus dan tidak memiliki pilihan yang banyak, melamar pekerjaan di bidang industri yang menerapkan sistem kerja outsourcing bukanlah pilihan yang buruk.

Lalu, apa sebenarnya sistem kerja outsourcing ini? Simak pemaparan lengkapnya di bawah ini;

Hal – Hal Seputar Outsourcing yang Harus Diketahui Fresh Graduate

Pengertian Outsourcing

Outsourcing atau alih daya adalah suatu proses pemindahan tanggung jawab tenaga kerja dari perusahaan induk ke perusahaan lain, baik itu  berupa koperasi, instansi ataupun vendor yang diatur dengan kesepakatan tertentu.

Kenapa Harus Ada Outsourcing?

Outsourcing bisa disebut sebagai suatu strategi kompetensi perusahaan. Dengan adanya sistem outsourcing ini, perusahaan induk bisa lebih fokus menangani bisnis inti. Tidak hanya itu saja, outsourcing juga menjadi bentuk strategi perusahaan dalam menekan biaya buruh agar pengeluaran lebih murah dan mendapatkan keuntungan lebih tinggi.

Perusahaan Apa yang Menerapkan Outsourcing?

Tidak hanya perusahaan yang bergerak di bidang industri atau padat karya saja yang menerapkan sistem kerja outsourcing, sistem kerja outsourcing kini juga banyak diberlakukan di instansi pendidikan. Sistem outscorcing sering mengurangi hak-hak karyawan yang seharusnya didapatkan. Selain itu, outsourcing juga menutup kesempatan menjadi status karyawan tetap dan rawan pelanggaran hingga tidak ada kepastian untuk kerja. Bahkan kelanjutan kontrak dan juga jaminan pensiun tidak bisa didapatkan dari sistem kerja outsourcing ini.

Siapa yang Bertanggung Jawab Atas Sistem Kerja Outsourcing?

Yang bertanggung jawab dengan segala produk baik undang-undang ataupun instrument adalah Depnaker dan juga Depsos.

Itulah hal – hal yang harus diketahui oleh fresh graduate atau Anda yang baru lulus tentang outsourcing. Beberapa hal tersebut bisa menjadi pertimbangan Anda sebelum memilih untuk melamar kerja dengan sistem outsourcing.