Jangan Pernah Lakukan Hal Berikut Setelah Anda Melakukan Perawatan Facial Wajah

perawatan facial wajah

Salah satu perawatan kulit wajah yang paling umum dilakukan wanita adalah facial wajah. Pengaruhnya pun luar biasa karena bisa membuat kulit menjadi halus dan lembut. Cara ini juga dapat mengangkat kotoran, sel-sel kulit mati serta membuat wajah tampak bercahaya. Namun, bila Anda tidak melakukan perawatan dengan seksama setelah facial wajah, hal itu justru hanya akan merusak kulit Anda yang baru saja dirawat. Dan berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan setelah melakukan perawatan facial wajah.

Hindari Melakukan Hal Ini Setelah Anda Baru Selesai Melakukan Perawatan Facial Wajah

Jika Anda tidak ingin mendapat masalah kulit akibat kekeliruan yang Anda timbulkan, hindari melakukan perawatan kulit berikut jika Anda baru selesai facial wajah.

Eksfoliasi

Punya Masalah Kulit Kering? Begini Langkah-langkah Menyingkirkan Kulit Mati Pada Wajah
Sumber: Stylepresso

Melakukan eskfoliasi setelah melakukan perawatan facial wajah adalah big no-no. Setelah Anda melakukan facial, proses sederhana dari scrubbing dapat menimbulkan malapetaka pada penampakan kulit dan juga bisa memicu bintik jerawat. Cegahlah hal tersebut dan jangan pernah melakukan eksfoliasi paling tidak selama 3 hari setelah Anda melakukan facial wajah.

Facial Steam

Wajah Kusam Saat Sedang Haid? Lakukan Cara Ini Untuk Mengatasinya
Sumber: Healamed.

Steam atau penguapan juga menjadi salah satu kegiatan yang tidak boleh Anda lakukan setelah melakukan perawatan facial wajah karena bisa menyebabkan sensitivitas kulit. Selain itu, kegiatan ini juga dapat memicu munculnya bintik hitam serta membuat kondisi kulit lebih buruk dari sebelum Anda melakukan perawatan. Anda baru bisa melakukan metode ini paling tidak setelah 1 minggu.

Mengaplikasikan Makeup

wajah cepat tua
Sumber: murianews

Anda pasti sudah tahu jika hampir sebagian besar makeup dibuat dari bahan-bahan kimia. Menggunakan kosmetik setelah Anda baru selesai melakukan perawatan facial wajah dapat membuat kerusakan parah untuk kesehatan kulit Anda. Untuk itu, Anda perlu menghindari memakai makeup paling tidak selama 72 jam.

Melakukan Pemijatan pada Wajah

Sumber : kompas

Hindari melakukan pemijatan pada wajah atau menyentuh wajah terlalu sering setelah melakukan perawatan facial wajah karena kebiasaan dapat memicu infeksi serta munculnya bintik jerawat.

Baca Juga: Berbagai Jenis Facial Wajah dan Manfaatnya Untuk Memelihara Kecantikan Kulit

Memencet Bintik Jerawat

mencegah jerawat saat haid
Sumber : Acne Problem Help

Setelah melakukan facial, Anda mungkin tergoda untuk memencet bintik jerawat. Namun, melakukan kebiasaan ini sudah pasti bisa membuat kondisi jerawat semakin parah hingga memicu infeksi. Jadi, hentikanlah kebiasaan memencet jerawat setelah Anda melakukan facial.

Terpapar Sinar Matahari

Silau matahari

Setelah melakukan perawatan kecantikan, kulit Anda cederung menjadi sensitif dan terkena sinar mahatari dapat meningkatkan sensitivitas kulit, sekaligus akan mendapat pengaruh buruk dari sinar matahari. Untuk itu, pastikan Anda untuk selalu memakai pelindung untuk kulit sebelum melangkah keluar rumah.

Melakukan Peeling dari Produk yang Mengandung Bahan Kimia

Sumber: wanitabercerita

Kebiasaan yang juga perlu dihentikan setelah Anda melakukan perawatan facial wajah adalah dengan melakukan peeling dengan memakai produk yang mengandung bahan kimia. Biarpun tujuannya untuk menjaga agar kulit tetap sehat, namun melakukannya setelah facial justru dapat membahayakan kulit hingga memicu rusaknya kolagen dalam kulit.

Melakukan Waxing

Sumber: cerapura

Waxing adalah satu satu perawatan kulit yang dianggap cukup keras dan melakukannya setelah Anda baru selesai facial sangat tidak dianjurkan karena bisa memicu kulit menjadi kemerahan dan sensitif. Akan jauh lebih baik bila Anda melakukan waxing terlebih dulu sebelum Anda memutuskan melakukan perawatan facial wajah.

Memakai Masker Wajah

menggunakan masker
Sumber: fashionlady

Memakai masker untuk wajah adalah salah satu jenis perawatan kulit yang perlu rutin untuk dilakukan demi mendapatkan kulit halus dan lembut. Namun jika Anda salah dalam memilih waktu, hal ini hanya akan mengundang masalah kulit karena bisa membuat kulit iritasi. Untuk itu, Anda perlu menghindari memakai masker seterlah selesai melakukan perawatan facial wajah.