Akibat Stres, Beberapa Hal Ini akan Terasa Semakin Sulit Dilakukan

akibat stres

Semua orang pasti pernah merasakan stres, mulai dari anak-anak yang stres akibat tugas sekolah yang sulit atau pekerja kantoran yang merasakan stres akibat pekerjaan menumpuk. Stres jangka pendek sebenarnya dapat meningkatkan produktivitas dan kekebalan tubuh seseorang. Namun, akibat stres yang tidak dapat segera teratasi, seseorang malah akan mengalami kesulitan untuk melakukan beberapa hal. Nah, berikut ini adalah beberapa hal yang terasa kian sulit akibat stres yang tak kunjung hilang.

Sulit untuk Tidak Marah

Sumber: Hijaz

Stres kronis nyatanya dapat memicu enzim yang menyerang molekul di otak Anda, akibatnya Anda akan jadi lebih mudah marah dan peka terhadap lingkungan sosial. Tetapi meminta pasangan untuk memberi Anda ruang untuk sendiri juga akan membuat kondisi semakin buruk. Hubungan sosial sebetulnya akan menyebabkan tubuh Anda memproduksi hormon oksitosin yang meningkatkan suasana hati, sehingga dapat mengesampingkan produksi hormon stres kortisol. Jadi saat sedang stres, cobalah untuk tetap bersama pasangan atau temui teman Anda untuk menjauhkan pikiran-pikiran yang mengganggu tersebut.

Baca Juga: Selain Mudah Marah, Ini 4 Pertanda Bahwa Tubuh Anda Butuh Istirahat

Kehilangan Fokus

Sumber: HiMedik

Saat Anda menghadapi stres, tubuh Anda menempatkan diri dalam mode melarikan diri atau melawan. Hal ini dilakukan agar Anda merasa tetap aman dari bahaya. Itulah sebabnya mungkin Anda jadi lebih sulit untuk menjaga fokus saat bekerja atau belajar. Akibat stres, respon rasa takut akan mengambil semua energi otak untuk mencari cara dalam melindungi diri sendiri.

Sulit Tidur

Sumber: okezone

Biasanya, tubuh Anda menghasilkan kadar kortisol tertinggi di pagi hari untuk membantu Anda terbangun. Sepanjang hari, tingkatnya akan menurun sehingga di malam hari Anda akan lebih mudah  tertidur. Tetapi saat tubuh Anda terus memompa kortisol akibat stres, otak Anda tetap aktif untuk melawan stres yang Anda rasakan. Efeknya Anda akan terus terjaga saat malam hari. Kesulitan tidur ini akan menyebabkan Anda kurang tidur di malam hari sehingga saat pagi hari Anda akan merasa murung dan stres pun terus terjadi. Untuk mengatasi hal ini, Anda disarankan untuk mendengarkan musik yang menenangkan untuk membantu Anda mudah terlelap.

Sulit Sembuh dari Penyakit

Sumber: traxonsky

Saat stres, tubuh akan memasang mode tertentu sehingga Anda hal ini akan memicu peradangan pada tubuh demi melindungi Anda dari bahaya. Pada awalnya, respon ini adalah hal yang baik, membantu melawan bahaya sehingga Anda dapat mulai pulih. Tetapi jika stres itu tidak hilang, maka peradangan akan menjadi kronis, sistem kekebalan tubuh pun jadi mulai rusak. Jika Anda sedang sakit seperti flu atau semacamnya, Anda pun jadi lebih sulit sembuh. Apalagi jika ditambah dengan gaya hidup yang buruk seperti merokok dan melewatkan makanan bernutrisi, penyakit pun akan semakin lama menetap di tubuh Anda.

Baca Juga: Apakah Benar Kaki yang Basah Bisa Menyebabkan Flu?

Karena banyak hal buruk terjadi akibat stres, maka Anda wajib menghindari hal ini dengan cara mencari kegiatan yang membuat Anda merasa senang dan tenang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here