Selalu Persiapkan Diri Hadapi 3 Hal Terburuk dalam Wawancara Kerja yang Tak Bisa Diduga

hal terburuk dalam wawancara
Sumber: ihire

Kebanyakan orang, pada satu atau lain waktu, akan mengalami momen dimana sebuah wawancara kerja terasa lebih seperti sebuah rangkaian film komedi daripada sebuah pengalaman profesional serious. Segala hal bisa menjadi salah jika tidak direncanakan dengan benar dan dijalani dengan penuh tekad dan fokus. Dan jika hal terburuk dalam wawancara terjadi, Anda jadi harus segera menemukan cara untuk membereskan segalanya secepat dan seanggun mungkin. Bagaimana caranya Anda bisa kabur dari hal terburuk dalam wawancara dengan harga diri yang tak terluka? Atau, jika memungkinkan, bagaimana caranya menyelamatkan wawancara tersebut dan masih memenangkan pekerjaan yang Anda lamar?

Ini 3 Hal Terburuk dalam Wawancara Kerja dan Cara Menyikapinya

Anda Terlambat

Sumber : onedio

Bahkan jika Anda berangkat menghadiri wawancara kerja dengan alokasi waktu perjalanan yang sudah panjang pun, selalu ada kemungkinan bahwa ada hal tak terdugg a yang bisa menyebabkan Anda gagal hadir tepat waktu: seperti misalnya kecelakaan di jalan atau konstruksi yang menyebabkan kemacetan. Dan hal-hal ini bukanlah sesuatu yang bisa dengan mudah diantisipasi atau diprediksi.

Terlambat adalah satu hal terbutuk dalam wawancara yang bisa membuat HRD melihat Anda sebagai kandidat yang kurang bersungguh-sungguh. Jika Anda merasa bahwa ada hambatan dalam perjalanan yang bisa membuat Anda terlambat, maka segeralah menelepon kantor dan minta disambungkan ke sang pewawancara secepat mungkin. Anda bisa saja ditawari penjadwalan ulang atau bahkan mungkin ditunggu hingga Anda datang.

Baca Juga : 3 Cara Menjawab Pertanyaan tentang Ekspektasi Gaji saat Wawancara

Pakaian Anda Bisa ‘Malfungsi’

Sumber : thespruce

Selain jaga-jaga seandainya ada halangan di jalan, Anda juga harus tepat waktu karena ada kemungkinan bahwa Anda harus berganti pakaian. Salah satu hal terburuk dalam wawancara adalah hadir dengan pakaian yang tak pantas. Sayangnya, ini bukan hal mustahil. Anda bisa berjalan percaya diri namun ditabrak seseorang yang sedang membawa kopi. Jika Anda masih punya waktu untuk berganti pakaian, maka Anda bisa menyelamatkan wawancara Anda.

Begitu pula dengan situasi-situasi lain seperti heels yang Anda pakai patah atau kurang nyaman. Anda bisa mencari solusi untuk situasi ini jika Anda datang beberapa saat sebelum jadwal wawancara sehingga Anda masih punya cukup waktu.

Teknologi Gagal

wawancara video call
Sumber: wbs

Hal terburuk dalam wawancara via video adalah ketiika teknologi tidak berpihak kepada Anda. Tidak ada gunanya Anda menjalani wawancara kerja via video jika suara Anda tidak didengar, videonya terus menerus freeze atau tidak bergerak, atau jika sang pewawancara hanya bisa melihat bagian mulut Anda dan bukannya keseluruhan wajah atau potret setengah badan Anda. Jika masalah teknis seperti ini terjadi, Anda pada akhirnya hanya akan buang-buang waktu semua orang. Bahkan, ada kemungkinan wawancara tersebut akan ditunda atau dibatalkan.

Selain itu, masalah teknis seperti ini juga membuat Anda tidak siap dan tidak profesional. Persiapkan baik-baik segala perlengkapan Anda sebelum wawancara dimulai. Cara terbaik untuk melakukan ini adalah dengan minta teman atau anggota keluarga Anda untuk menjalankan tes perangkat sebelum wawancara berlangsung. Dengan ini, Anda akan bisa mengecek segala aspek dari sistem Anda dan menentukan apakah segalanya baik-baik saja. Anggota keluarga yang menjalankan tes ini dengan Anda juga akan bisa memberitahu jika Anda membuat kesalahan dalam beromunikasi via panggilan video, seperti misalnya menggerakkan kepala Anda sehingga tak bisa terlihat di layar, bicara terlalu keras, dan lain-lain.

Hal terburuk dalam wawancara adalah mengalami musibah-musibah di atas dan tidak memiliki cukup banyak persiapan untuk menanganinya. Karena itu, selalu antisipasi segalanya dari awal.

Beri Komentar Anda

komentar