Jangan Lakukan 6 Hal Ini pada Pasangan Jika Tak Mau Pernikahanmu Bermasalah

hal yang harus dihindari
Sumber: hipwee

Semua orang menginginkan hubungan yang baik dan langgeng bersama pasangan. Apalagi dalam konteks pernikahan, perjalanan panjang seumur hidup ini memang bukan tanpa rintangan. Meski sudah saling mengenal dan mencintai, tapi tak jarang ada sikap-sikap sepele yang justru jadi racun dalam hubungan rumah tangga. Jika ini terus berlanjut, bukan tidak mungkin keretakan rumah tangga akan terjadi tanpa disadari.

Berikut ini 6 hal yang harus dihindari bersama pasangan dalam hubungan rumah tangga

1. Berusaha Mengontrol Pasangan

Sumber: gulalives

Pastinya kamu ingin memberikan yang terbaik untuk pasangan. Saran dan kritikan diutarakan agar pasangan memiliki pandangan dari sudut yang lain. Tapi hal ini jangan dijadikan celah kamu lebih mengontrol keputusan pasangan terhadap apa yang terjadi pada dirinya, apa lagi memaksanya menuruti saranmu. Bedakan perhatian dan dominasi, perhatian belum tentu berujung pada dominasi dan pemaksaan untuk menuruti saranmu.

2. Menuntutnya agar Selalu Sepemikiran

Sumber: vemale

Hal yang harus dihindari dalam pernikahan ialah memaksakan untuk berada di satu pendapat. Kamu dan pasangan diciptakan dengan karakter dan latar belakang yang berbeda. Tentu akan sangat salah jika dalam rumah tangga kamu selalu menuntutnya untuk sepaham dengan pemikiranmu. Seharusnya, semua ide dan gagasan diterima dan dilebur menjadi sebuah kesepakatan yang membawa kebaikan untuk keluarga. Tak perlu memaksakannya untuk satu pandangan, tentunya dalam kasus tertentu.

Baca Juga: Langgeng, Ini 3 Tips Menjaga agar Rumah Tangga Tetap Sehat!

3. Membuat Kesimpulan Sendiri

Sumber: tribunnews

Jika terjadi kesalahpahaman, kamu langsung menyimpulkan apa yang terjadi tanpa menanyakan kronologisnya dan penjelasan dari perspektif pasangan. Tentu ini akan membuat hubungan jadi renggang karena dia sepertinya tak pernah dilibatkan dan disalahkan. Padahal, kesalahan terletak pada sikap membuat kesimpulan sendiri dari sudut pandangmu yang tak mau mencari penjelasan lebih lanjut dari pasangan.

4. Tergantung pada Pasangan

Sumber: hipwee

Tentu, tak ada masalah jika kalian saling bergantung satu sama lain, tapi bagaimana jika hanya kamu yang bergantung padanya. Hal yang mungkin terjadi adalah kamu tidak akan bisa melakukan apa-apa tanpanya, tak bisa berinisiatif tanpanya, dan yang lebih buruk lagi kamu jadi posesif dan kehilangan identitasmu sendiri. Hingga pada satu titik, pasangan merasa berat sebelah karena kamu yang jadi beban sementara dia tak bisa balik bergantung padamu.

 5. Selalu Mengkritik Pasangan

Sumber: womantalk

Hampir mirip dengan menuntutnya untuk sepemikiran denganmu, sikap mengkritik pasangan ini juga tak baik jika menjadi kebiasaan. Kritik dan menggurui tanpa mempertimbangkan penjelasan dan pola pikirnya tentu akan membuatnya gerah. Seolah tak pernah ada keputusan yang benar bagi dirinya dan kebenaran hanya berasal dari pemikiranmu saja. Mengkritik boleh-boleh saja, tetapi jangan menganggap dirimu selalu benar.

6. Dendam pada Pasangan

Sumber: baca

Tak ada orang yang sempurna dan bersih dari kesalahan di masa lalu, tak terkecuali pasanganmu. Kesalahan di masa lalu yang sudah selesai kadang diungkit karena masih menyimpan dendam. Kamu menjadikan kesalahan di masa lalu sebagai senjata untuk menyerangnya jika pada suatu waktu melakukan kesalahan lagi meski tak berhubungan dengan kesalahan di masa lalu tersebut. Alangkah lebih baik jika kesalahan di masa lalu dimaafkan dan tak menyeretnya ke setiap perselisihan di hari ini.

Setiap pasangan harus benar-benar paham dengan apa yang dipikirkan oleh pribadi masing-masing. Beberapa hal yang harus dihindari di atas harus dipahami oleh kedua belah pihak agar mendapatkan pemahaman yang sama. Kalau cuma kamu yang menyadarinya, bisa-bisa pasangan tidak akan paham dengan sikap-sikap sepele ini. Yuk, berbenah diri!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here