4 Hambatan Freelance di Indonesia yang Bisa Mengganggu Karier Anda

hambatan freelance di Indonesia
Sumber : searchenginejournal

Karier sebagai freelancer kini tak lagi identik dengan masa depan suram. Justru kini semakin banyak orang yang memilih berkarier sebagai freelancer. Karena pendapatan yang bisa diperoleh tak kalah dengan pekerja full time. Kendati demikian, ternyata masih banyak hambatan freelance di Indonesia yang menyulitkan para freelancer. Anda harus lebih cermat menghadapinya bila kini Anda berkarier sebagai freelancer.

Ingin tahu apa saja hambatan freelance di Indonesia yang patut diwaspadai?

Inilah ulasan selengkapnya!

Sistem Marketplace Freelancer yang Rumit

sumber: portalkeuangan

Sejak beberapa tahun terakhir, Indonesia memang sudah memiliki beberapa marketplace freelancer berkualitas. Sayangnya, hal tersebut malah memunculkan hambatan freelance di Indonesia. Sistem marketplace yang rumit dan waktu akses relatif lama membuat banyak freelancer enggan memanfaatkannya. Sehingga tidak banyak freelancer berkualitas yang punya kesempatan bersaing melalui marketplace online.

Baca Juga: Karier Istri Lebih Cemerlang daripada Suami? Perhatikanlah 5 Hal Ini!

Tidak Ada Standar Baku tentang Tarif Freelancer

sumber pendapatan pasif
Sumber : Tribun News

Tak banyak yang menyadari bahwa ketiadaan standar tarif freelancer juga menjadi hambatan freelance di Indonesia. Banyak freelancer yang menetapkan tarif terlalu murah. Sehingga hal tersebut menyebabkan freelancer berkualitas dengan tarif relatif tinggi jadi kewalahan. Kualitas pekerjaan yang diperoleh pasti sebanding dengan harga yang harus dikeluarkan. Sayangnya, banyak pemberi pekerjaan freelance yang akhirnya menganggap rendah tarif freelancer. Para freelancer pun kesulitan memperoleh pekerjaan dengan hasil sebanding.

Maraknya Penipuan Berkedok Pekerjaan Freelance

mitos pencarian kerja
Sumber : aarp

Hingga saat ini, tak sedikit freelancer yang menjadi korban penipuan berkedok pekerjaan freelance. Ada perusahaan yang awalnya memberikan pekerjaan freelance dengan sistem lancar. Namun, akhirnya mengingkari pembayaran ketika sudah menerima hasil pekerjaan freelancer yang nominalnya lebih besar. Inilah yang membuat freelancer merasa kapok dengan sistem pekerjaan yang kurang jelas. Hambatan freelance di Indonesia yang satu ini harus diminimalkan demi jalinan kepercayaan antara perusahaan pemberi pekerjaan dan para freelancer.

Kemampuan Bahasa Asing yang Terbatas

Sumber : Student Travel Planning Guide

Jangan meremehkan kemampuan berbahasa asing yang mendukung kelancaran karier freelancer. Karena freelancer yang mahir berbahasa asing pasti memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan pekerjaan. Banyak pula perusahaan asing yang tak ragu memberikan pekerjaan dengan pendapatan besar. Keterbatasan kemampuan bahasa asing masih menjadi hambatan freelance di Indonesia. Sehingga masalah tersebut membuat daya saing freelancer Indonesia relatif rendah.

Jangan sampai karier freelance Anda terganggu dengan empat hambatan tersebut. Anda harus lebih giat memperkaya kemampuan diri sendiri. Supaya Anda bisa menjadi freelancer berkualitas yang mudah memperoleh pekerjaan istimewa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here