Hati-Hati! Instagramxiety Kini Mengincar Produktivitas Masyarakat Modern

instagramxiety
Sumber : The Wern

Media sosial memang memberikan banyak manfaat bagi kehidupan. Anda jadi lebih mudah terhubung dengan orang-orang terdekat dan mendapatkan beragam informasi secara up to date. Namun, penggunaan media sosial yang kurang tepat ternyata bisa menyebabkan gangguan psikologis. Salah satu yang kini banyak dialami masyarakat modern adalah instagramxiety.

Apakah Anda Pernah Dengar tentang Instagramxiety?

Istilah tersebut memang belum terlalu populer di tanah air. Jadi, sebaiknya Anda menyimak ulasan ini untuk mengetahuinya secara lebih detail.

Mengenal Istilah Instagramxiety

Sumber : Science Daily

Kata instagramxiety digunakan untuk mendefinisikan perasaan cemas, kesal, dan iri ketika pengguna Instagram melihat posting tertentu. Mungkin Anda pernah mengalaminya tetapi tidak menyadarinya. Hal tersebut dapat terjadi saat Anda melihat posting Instagram dari rekan kerja, sahabat, selebgram, atau siapa pun.

Misalnya, Anda mulai merasa iri dan kesal sewaktu melihat teman yang memamerkan barang-barang mewah, sering liburan ke luar negeri, atau memiliki body goals. Emosi yang timbul setelah melihat posting tersebut dikenal dengan sebutan instagramxiety. Biasanya, Anda akan merasa tidak tenang dan gagal karena tidak bisa mencapai “kesuksesan” seperti itu.

Baca Juga: Agar Tidak Asal, Simak Cara Sehat Menggunakan Instagram Berikut Ini Yuk!

Jangan Takut untuk Menggunakan Instagram

Sumber: Huffington Post

Risiko instagramxiety tak perlu membuat Anda ragu menggunakan Instagram. Anda hanya perlu lebih cermat memilih akun Instagram yang Anda follow. Rasakan perbandingan emosi yang terjadi pada diri Anda selama mengamati foto atau video di Instagram. Alangkah lebih baik jika Anda memutuskan untuk unfollow akun-akun Instagram yang memicu emosi negatif pada diri Anda. Terutama, jika akun Instagram tersebut tidak memberikan faedah selama Anda mengikutinya.

Sebagai gantinya, Anda bisa mulai follow akun-akun humor atau akun yang memberikan banyak pengetahuan baru. Dengan demikian, aktivitas menggunakan Instagram akan menjadi lebih bermanfaat bagi Anda. Sehingga, Anda pun akan terhindar dari risiko instagramxiety.

Mari Membuka Diri dan Menjauh Sejenak dari Dunia Maya

Sumber : Shutterstock

Jika instagramxiety sudah terjadi dalam kondisi cukup parah, sebaiknya Anda mulai menjauh sejenak dari dunia maya. Nikmati aktivitas bermanfaat bersama keluarga, sahabat, dan lingkungan sekitar. Maka Anda pun tak akan terjebak dengan kehidupan pamer serba mewah yang terlihat di Instagram.

Saat Anda bertemu dengan orang-orang yang tidak seberuntung Anda, pasti Anda akan lebih bersyukur dengan pencapaian Anda saat ini. Lambat laun, Anda pun akan bebas dari rasa cemas akibat penggunaan media sosial berlebihan.

Jangan sampai instagramxiety mengganggu produktivitas dan kenyamanan Anda. Jalani hidup Anda dengan perasaan tenang supaya Anda senantiasa bahagia dan produktif.

About Melisa 358 Articles
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :) www.CatatanMel.com
Contact: Website

Be the first to comment

Beri komentar Anda tentang artikel ini