Hati-Hati! Virus Corona Rentan Mengintai Kesehatan Jemaah Haji

virus corona
Sumber : Indo Pos

Musim naik haji sudah tiba. Para jemaah haji yang sudah memenuhi kualifikasi mulai berangkat menuju ke tanah suci. Persiapan fisik memang menjadi hal penting yang harus diperhatikan para jemaah haji. Agar daya tahan tubuh senantiasa baik selama beribadah dan terhindar dari berbaai penyakit, termasuk virus corona.

Apa Itu Virus Corona?

Mari Mengenal Virus Corona agar Bisa Mencegahnya secara Efektif!

Sumber : Entertainment Harian Terbit

Virus yang berasal dari Timur Tengah dan Inggris tersebut memiliki nama lengkap Novel CoronaVirus (nCoV). Ternyata virus tersebut masih serupa dengan virus Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) yang sempat mewabah di Asia. Para jemaah haji diimbau untuk menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah agar tidak terjangkit virus tersebut dan menyebabkan wabah setelah pulang ke tanah air.

Baca Juga: Waspada Penyakit yang Sering Menyerang saat Musim Kemarau

Gejala-Gejala yang Ditimbulkan Virus Corona

Sumber : Dallas Observer

Gejala yang ditimbulkan virus corona sangat sulit dibedakan dengan flu biasa, yaitu:

  • Batuk.
  • Demam dengan temperatur tubuh di atas 38 derajat Celcius.
  • Bersin.
  • Radang paru-paru (pneumonia).

Bagaimana Proses Penularannya Dapat Terjadi?

Sumber : Fajar Online

Wabah yang disebabkan virus corona bisa menular melalui cairan tubuh (dahak dan liur) orang yang sudah terjangkit virus tersebut. Namun, para peneliti juga menduga bahwa hewan bisa menjadi perantara penyebaran virus, contohnya unta. Hal ini membuat jemaah haji harus ekstra hati-hati ketika berinteraksi dengan orang dan hewan selama berada di tanah suci.

Cara Mencegah dan Mengobati Penyakit Akibat Virus Corona

Sumber : Lifestyle Sindonews

Gejala penyakit yang menyerupai flu tetapi berasal dari virus corona belum bisa ditanggulangi dengan obat khusus. Namun, gejala-gejala mirip flu tersebut harus ditangani secara intensif. Supaya kondisi pengidap tidak semakin parah dan tidak menularkan virus ke orang-orang di sekitarnya. Idealnya, para pengidap penyakit akibat virus tersebut harus diisolasi hingga wabah virusnya benar-benar reda.

Sementara itu, cara mencegah penyakit yang disebabkan virus tersebut ternyata mudah. Mencuci tangan setelah dan sebelum beraktivitas adalah salah satu caranya. Di samping itu, Anda juga disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan matang dan higienis selama berada di Arab Saudi. Agar risiko penularan virus melalui konsumsi makanan dapat diminimalkan.

Gejala penyakit seringan apa pun harus mendapatkan penanganan medis yang serius. Terutama jika Anda baru saja pulang dari tanah suci. Jangan cemas dulu menghadapi ancaman virus corona. Karena daya tahan tubuh dan gaya hidup sehat Anda adalah kunci pencegahannya.

Beri komentar Anda tentang artikel ini