Herd Immunity: Solusi Ekstrem Mengatasi Wabah Covid-19

Wabah virus corona atau Covid-19 mulai menjadi masalah besar bagi dunia sejak awal tahun 2020. Jumlah pengidap dan korban meninggal terus bertambah seiring berjalannya waktu. Ada satu solusi ekstrem yang dapat mengatasi penyebaran wabah virus tersebut, yaitu herd immunity.

Istilah herd immunity memang belum populer dan jarang dipraktikkan karena dianggap berisiko tinggi jika tak dapat dijalankan dengan baik. Informasi berikut ini akan menambah wawasan kamu seputar solusi wabah Covid-19 tersebut.

Mengenal Definisi Herd Immunity

Herd immunity dapat diartikan sebagai kekebalan komunitas. Artinya, sebuah komunitas harus terdiri dari banyak orang yang memiliki kekebalan terhadap serangan virus. Dengan demikian, risiko penularan virus pada komunitas tersebut akan berkurang hingga akhirnya mencapai titik nol.

Ada dua cara yang bisa ditempuh untuk mencapai kondisi kekebalan komunitas, yaitu,

  • Vaksin: cara ini hanya bisa dilakukan jika vaksin untuk wabah Covid-19 telah ditemukan. Seperti halnya virus campak yang jumlah pengidapnya sudah berkurang drastis karena hampir semua orang telah mendapatkan vaksin campak. Sayangnya, hingga April 2020 vaksin Covid-19 belum ditemukan sehingga cara ini belum dapat dilakukan.
  • Proses alami: cara alami dapat dilakukan dengan membiarkan seseorang terjangkit virus penyakit. Saat si pengidap penyakit mulai sembuh, tubuhnya akan membentuk antibodi yang membuatnya lebih kebal ketika virus menyerang untuk kedua kalinya.

Baca Juga: 5 Cara Mudah Mengatasi Stres karena Virus Corona, Coba Lakukan Ya!

Konsep Herd Immunity Sulit Diterapkan di Tanah Air

Implementasi herd community untuk menangani Covid-19 sangat sulit untuk dilakukan. Cara ini dapat berhasil jika 60 persen masyarakat Indonesia terjangkit virus Covid-19 dan harus benar-benar sembuh. Beberapa hal yang menghalangi penerapan solusi tersebut di tanah air antara lain:

  • Edukasi tentang Covid-19 masih sangat minim dan penyebarannya tidak merata. Lebih parahnya lagi, masih banyak informasi hoax yang membuat masyarakat mudah panik bahkan terprovokasi melakukan tindakan gegabah.
  • Ketersediaan fasilitas penunjang kesehatan di Indonesia masih sangat terbatas. Sehingga peningkatan jumlah pengidap Covid-19 secara drastis akan sangat sulit ditangani dan bisa berujung kematian.
  • Kestabilan ekonomi akan sangat terganggu jika lebih dari setengah populasi masyarakat mengidap Covid-19. Pemerintah pun akan kesulitan memberikan bantuan bagi keluarga yang mayoritas anggotanya mengidap virus tersebut hingga tidak bisa menjalankan pekerjaan atau bisnis.

Semoga Indonesia dan negara-negara lainnya lekas menemukan solusi selain herd immunity untuk mengatasi wabah Covid-19. Kalaupun herd immunity akan diterapkan, langkah antisipasinya harus benar-benar matang untuk meminimalkan risiko terburuk.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here