Super So Sweet, 6 Hewan Ini Diduga Paling Setia dengan Pasangannya!

setia dengan pasangannya
Sumber: Hellopet

Pada dasarnya, hewan cenderung tidak memiliki kesetiaan apa pun terhadap pasangannya setelah kawin. Namun nyatanya, ada beberapa hewan yang sangat setia dengan pasangannya. Berbeda dengan poligami, sikap setia ini dikarenakan mereka termasuk golongan monogami, yakni kondisi yang hanya memiliki satu pasangan pada pernikahan. Lantas, penasaran hewan apa sajakah yang setia sehidup semati dengan pasangannya? Berikut beberapa di antaranya seperti yang dilansir dari animal wised berikut.

6 Hewan yang Setia dengan Pasangannya

Burung Parkit

Sumber: hewanrumahan

Parkit adalah hewan sosial yang dapat merasa kesepian dan sedih ketika mereka tidak memiliki pasangan. Burung yang satu ini merupakan salah satu hewan paling setia dengan pasangannya. Mereka membutuhkan teman atau pasangan di samping setelah mereka saling berkenalan, mereka tidak akan meninggalkan satu sama lain. Kematian teman atau pasangan sangat buruk bagi parkit, sebab mereka dapat menderita kecemasan ekstrem, bahkan mereka bisa ikut mati. Parkit termasuk jenis budgerigars adalah hewan peliharaan yang hebat.

Berang-Berang

Sumber: windowsnesia

Berang-berang adalah hewan monogami yang akan tetap setia sampai pasangannya mati. Induk berang-berang akan saling bekerja bersama, menjaga sarang, membuat liang besar, dan saling mendukung untuk bertahan hidup. Ketika mereka mencapai usia dewasa, berang-berang muda akan meninggalkan koloni untuk membentuk lingkungannya yang baru. Namun, ketika beberapa dari mereka ada kekurangan makanan, berang-berang lain akan tetap bersama keluarga mereka menunggu sampai makanan lebih banyak. Bahkan ketika mereka hidup mandiri, telah dicermati bahwa berang-berang tidak bisa lepas jauh dari orang tua mereka ketika mereka membangun koloni baru.

Baca Juga: Lakukan Hal Ini untuk Menunjukkan Kesetiaan pada Pasangan!

Pinguin Berjambul Kuning/Yellow Crested Penguin

Sumber: animalsking

Pada musim panas, penguin berjambul kuning akan kembali ke tempat di mana mereka dilahirkan untuk menemukan pasangan yang cocok untuk setia menyayangi seumur hidup. Mereka yang sudah berpasangan akan kembali ke Antartika, di mana tujuan mereka akan membuat sebuah sarang. Bahkan, pinguin bisa cemburu dan sangat agresif jika mereka melihat pinguin lain mencoba merayu pasangan mereka. Mereka memiliki ritual yang sangat aneh namun intim, setelah mereka kawin, induk pinguin akan mengurus telur.

Siamang/Gibbon

Sumber: PetVillage

Siamang adalah sejenis primata monogamous yang dapat membentuk ikatan seumur hidup satu sama lain. Bagi mereka, ini merupakan keuntungan yang dapat mengoptimalkan sumber daya mereka, dan menurunkan jumlah tenaga yang mereka gunakan ketika melindungi wilayah mereka. Mereka bisa menghabiskan hari-hari mereka bersama, berbagi makanan dan merawat anak-anak mereka. Siamang adalah salah satu hewan yang memiliki ritual pacaran aneh di dunia.

Serigala Abu-Abu

Sumber: Pinterest

Serigala abu-abu dapat hidup secara berkelompok di mana ada pemimpin jantan dan betina, yang satu-satunya dapat kawin dan berkembang biak. Serigala ini pun ternyata sangat setia pada pasangan mereka dan akan mati menjaga anak-anak mereka.

French Angelfish

Sumber: bestanimalworld

Nama ilmiah dari French Angelfish adalah paru-paru Pomacanthus. Ikan laut ini terkenal akan kesetiaannya pada pasangannya. Meskipun mereka tidak peduli dengan anak mereka setelah menetas, French Angelfish akan hidup bersama selamanya dan saling membantu dari serangan ikan lain.

Hewan saja bisa hidup setia dengan pasangannya, lantas kenapa manusia tidak bisa hidup semati dengan pasangannya? Seharusnya, kita bisa mencontoh untuk saling setia dari beberapa hewan-hewan ini, bukan?

Beri komentar Anda tentang artikel ini