Wajib Ada, Ini 5 Hidangan Lebaran Khas Sumatera Barat yang Lezat Nian!

25
hidangan lebaran khas sumatera barat
Sumber : youtube

Salah satu momen yang paling ditunggu-tunggu ketika Idul Fitri tiba adalah menikmati ragam kuliner lezat yang tersaji di atas meja, mulai dari ketupat, sayur nangka, opor, dan ragam kue kering lainnya. Ragam kuliner yang telah disebutkan di atas selalu menjadi hidangan wajib bila Hari Lebaran tiba. Selain ketupat, opor dan kue kering, masyarakat Sumatera Barat juga kerap menyajikan kuliner khasnya, baik sebagai hidangan pelengkap atau hidangan  tambahan untuk menyantap ketupat. Mau tahu hidangan lebaran khas Sumatera Barat yang selalu hadir di meja makan? Berikut ulasan selengkapnya.

Gurih Tak Ada Dua, Ini Dia Hidangan Lebaran Khas Sumatera Barat

1. Rendang

rendang
Sumber: resepmasakan&kue

Menjadi salah satu kuliner ikoniknya, rendang wajib hadir di tiap meja makan warga Sumatera Barat ketika Hari Raya tiba. Daging sapi empuk yang dipadukan dengan santan dan ragam bumbu dalam proses pembuatannya menghasilkan sajian yang tak hanya digemari masyarakat Indonesia saja, tetapi juga masyarakat dunia. Lezatnya kebangetan!

Baca Juga: Tak Hanya Rendang, Ini Kuliner Khas Padang Lainnya yang Tak Kalah Nendang!

2. Lontong Sayur

Sumber : ilmci

Lontong sayur juga menjadi makanan yang harus ada di meja makan ketika Lebaran tiba. Yang sudah Anda ketahui, lontong sayur berisi ketupat, buncis, nangka muda, lobak, dan tentu saja siraman sayur pedas yang menggugah selera. Lontong sayur khas Padang memiliki ciri khas kuah yang kental dn kaya akan rempah.

3. Dendeng Balado

Sumber : selerasa

Terkenal akan ragam kuliner dengan cita rasa pedas, dendeng balado juga hadir memanjakan lidah masyarakat Sumatera Barat saat Idul Fitri. Makanan yang berbahan dasar irisan tipis daging sapi yang kemudian dikeringkan dan digoreng hingga kering. Setelah matang, irisan daging sapi tersebut diberi bumbu balado dengan cita rasa pedas dan gurih yang nikmat.

4. Singgang Ayam

Sumber: rasamasa

Ayam panggang yang diracik dengan ragam bumbu kaya rempah ini memiliki rasa yang begitu nikmat cenderung pedas. Racikan bumbunya dioleskan berkali-kali secara berulang saat proses pemanggangan hingga matang agar bumbunya meresap dengan sempurna. Nyam!

5. Lamang Tapai

Sumber: kabartravel

Setelah menikmati hidangan berat, Lamang Tapai hadir sebagai dessert. Makanan yang bercita rasa manis ini terbuat dari beras ketan ini dimasak dengan menggunakan batang bambu. Tetapi, ada juga yang memasaknya dengan daun pisang yang dibentuk segitiga dan dikukus. Sebelum disajikan hidangan yang satu ini kemudian disiram dengan tapai atau tape yang terbuat dari ketan hitam dan gula aren.

Beri komentar Anda tentang artikel ini