Hidup Sehat dan Sejahtera, Bagaimana Mewujudkannya?

Hidup Sehat dan Sejahtera
Sumber Kilasbaliknusantara

Siapa yang tak ingin hidup sehat dan sejahtera? Semua orang ingin mendapatkannya, namun dengan definisi yang berbeda-beda karena selayaknya manusia memiliki banyak teka-teki mendebarkan dalam hidupnya. Antara hidup sehat dan sejahtera memiliki hubungan simbiosis mutualisme yang saling melengkapi satu sama lainnya. Jika seseorang hidup dalam keadaan sehat, belum tentu ia akan sejahtera. Begitu pun sebaliknya, jika ia hidup sejahtera belum tentu juga sehat.

Namun, Apakah Pengertian Hidup Sehat dan Sejahtera?

Seperti yang tertulis di dalam Undang-Undang Pokok Kesehatan No. 9 Tahun 1960, bahwa hidup sehat itu meliputi 3 aspek, yakni kesehatan rohani, jasmani, dan sosial. Arti sehat di sini yaitu jauh dari kata sakit, sehingga banyak orang yang mengubah kebiasaannya sehari-hari mengikuti pola hidup sehat.

Sedangkan, hidup sejahtera ialah mencapai kemerdekaan dalam aspek keuangan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Menjadi sejahtera tidaklah harus menjadi kaya, karena pemenuhan kebutuhan setiap orang memiliki standar yang berbeda-beda tergantung dari tujuan dan gaya hidup yang diterapkan.

Lantas, Bagaimana Cara Mewujudkan Hidup Sehat dan Sejahtera?

Mulai dari Hal Kecil

Sumber Gudpipelcom

Untuk mewujudkan hidup sehat dan sejahtera harus dimulai dengan hal-hal kecil terlebih dahulu. Buatlah resolusi sederhana yang mudah untuk Anda capai dalam beberapa waktu ke depan. Misalnya, jika ingin sehat maka Anda harus menerapkan pola makan sehat dan olahraga teratur. Sehingga, dengan begitu badan menjadi lebih fit dan bugar untuk bekerja mengumpulkan pundi-pundi uang untuk masa depan Anda dan keluarga nantinya.

Baca Juga: Pola Pikir Ini Harus Dihilangkan karena Hanya akan Membuat Anda Gagal Sukses!

Fokus pada Dampaknya

cara tetap fokus

Selama ini pesan yang kita tangkap ketika membaca artikel mengenai tips-tips untuk dapat mewujudkan hidup sehat dan sejahtera hanya berfokus pada informasi tanpa memberi tahu dampak baik yang disebabkan oleh perilaku tersebut. Mulai sekarang, analisislah dampak yang akan ditimbulkan sebelum Anda menerapkan hidup sehat dan sejahtera, serta fokus dan nikmati prosesnya tahap demi tahap untuk hasil yang tidak akan mengecewakan.

Sabar

Sumber Utmostorg

Kesabaran menjadi kunci sukses untuk menerapkan resolusi yang Anda terapkan untuk mencapai hidup sehat dan sejahtera. Jangan terburu-buru untuk menikmati hasilnya, atau usaha Anda akan terbengkalai karena setitik kecerobohan yang Anda buat. Terburu-buru hanya akan memecahkan fokus Anda sehingga tidak maksimal dalam memerankan keduanya. Mulailah secara perlahan.

Jangan Berjuang Sendirian

Sumber Techinasia

Jika Anda memiliki karakter yang kuat, tak masalah jika harus berjuang sendirian. Namun, lebih baik berbagi kepada kerabat atau teman tentang resolusi yang Anda ingin capai untuk mewujudkan hidup sehat dan sejahtera, karena mereka akan memberikan aliran-aliran energi positif sehingga memberikan dampak yang positif pula.

Bersyukur

Sumber Beliefnet

Inti dari semua yang telah dijabarkan ialah bersyukur. Tanpa disadari, dengan bersyukur, semua yang telah Anda rencakan akan berjalan dengan mudah dan nikmat pun akan terus bertambah. Bersyukur bukan hanya mengucap syukur, tapi dapat diwujudkan dengan beribadah kepada Tuhan atas segala nikmat dan karunia yang telah diberikan-Nya. Selain itu, hidup sehat dan sejahtera yang ingin Anda wujudkan merupakan bagian dari bersyukur atas kehidupan yang telah diberikan.

Kenyataannya, mewujudkan hidup sehat dan sejahtera tidak semudah yang dibayangkan. Anda harus memiliki niat yang kuat dan harus konsisten menerapkannya untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Jika diterapkan dengan benar dan konsisten, hidup sehat dan sejahtera bukanlah khayalan belaka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here