Cara agar Hidup Tetap Terkendali untuk Para Single Parent

Hidup Tetap Terkendali Menjadi Single Parent Dengan Cara Ini!
Sumber: Pexels

Di zaman yang serba canggih ini, istilah single parent memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Istilah ini merujuk pada sosok ibu atau ayah yang merawat dan membesarkan anak-anaknya tanpa adanya seorang istri atau suami di samping mereka. Biasanya, mereka yang menjalani kehidupan sebagai seorang single parent dilatarbelakangi oleh perceraian atau kematian.

Tidak sedikit yang gagal dalam menjalani situasi ini, namun banyak juga yang ternyata berhasil. Treatment dan cara yang tepat bisa membantu kamu dalam melakoni hidup sebagai seorang single parent yang tentunya mengemban tanggung jawab merawat dan membesarkan anak-anak. Untuk kamu yang sedang mengalaminya, inilah tips sederhana menjadi single parent yang baik!

1. Terima Keadaan dan Tetaplah Positif dalam Menjalani Hidup

Terima Keadaan dan Tetaplah Positif Dalam Menjalani Hidup
Sumber: Pexels

Bisa dibilang, kamu akan mengalami situasi yang mengejutkan di awal-awal. Kamu akan cukup kesulitan, terutama pada bagian yang biasanya dikerjakan oleh pasangan. Namun, cobalah untuk legowo dan menerima keadaan. Dengan begitu, kamu bisa tetap positif dalam menjalani kehidupan. Ingat, sinyal positif dalam dirimu bisa saja menular pada anak-anak.

Baca Juga: Jadi Single Parent? Ikuti Cara Mengatur Keuangan Ini agar Terhindar dari Masalah Utang

2. Sepahit Apapun Kenyataan, Jujurlah pada Anak-Anak tentang Situasi ini

Sepahit Apapun Kenyataan, Jujurlah Pada Anak-Anak Tentang Situasi ini
Sumber: Pexels

Mungkin kamu berpikir bahwa berbohong pada anak-anak bisa jadi jalan terbaik untuk menghindarkan dari trauma. Namun, cara ini justru salah. Kamu seharusnya jujur dari awal ketika situasi memang menuntut untuk menjadi single parent. Ceritakan pada anak-anak apa yang terjadi sehingga mereka bisa merasakan apa yang kamu rasakan dan mental mereka lebih mudah untuk terbentuk.

3. Ajarkan Anak-Anak untuk Mulai Hidup Mandiri Sehingga Tugas Kamu Lebih Mudah

Ajarkan Anak-Anak Untuk Mulai Hidup Mandiri Sehingga Tugas Kamu Lebih Mudah
Sumber: Pexels

Jika anak-anak sudah tahu keadaannya, kamu bisa mulai mengajarkan anak-anak untuk hidup mandiri. Tak perlu mulai dari hal yang sulit, mulailah dari hal yang mudah terlebih dahulu, semisal membereskan kamar ataupun mencuci piring setelah selesai makan. Pelan-pelan, kamu bisa mulai memberikan tanggung jawab yang lebih pada anak-anak.

4. Jadi Single Parent akan Lebih Mudah Jika Kamu Bergabung dalam Sebuah Komunitas

Jadi Single Parent Akan Lebih Mudah Jika Kamu Bergabung Dalam Sebuah Komunitas
Sumber: Pexels

Jika kamu merupakan single parent yang baru, cobalah untuk mencari komunitas para single parent di sosial media. Biasanya, mereka sering mengadakan pertemuan atau seminar yang membahas tips menjadi seorang single parent yang baik. Di sini, kamu bisa merasakan bahwa kamu tidak sendiri. Kamu juga akan menambah wawasan cara mendidik anak sehingga anak tidak terlantar atau terjerumus pada hal negatif.

5. Seimbangkan Waktu Bekerja dengan Quality Time bersama Anak-Anak

Seimbangkan Waktu Bekerja dengan Quality Time Bersama Anak-Anak
Sumber: Pexels

Hal yang perlu kamu perhatikan adalah soal keuangan keluarga. Kamu tentu akan bekerja keras mencari biaya untuk mencukupi kebutuhan anak-anak. Namun, jangan sampai masalah ini mengorbankan waktu bersama keluarga. Anak-anak tetap butuh bimbingan dan kasih sayangmu. Untuk mengakalinya, kamu bisa cari beberapa pekerjaan freelance yang bisa kamu kerjakan di rumah sembari mengurus anak-anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here