Stres Menjelang Wawancara Itu Biasa, Cara Ini Bisa Bikin Anda Pede

Memiliki perasaan stres menjelang wawancara adalah hal biasa. Justru aneh bila Anda tidak merasakannya. Penyebabnya ada banyak faktor. Termasuk ketidakpastian apakah Anda akan diterima bekerja atau tidak. Biarpun begitu, jangan biarkan stres membuat konsentrasi Anda buyar. Untuk bisa fokus lagi, Anda bisa ikuti tips orang sukses yang telah berhasil menaklukan stres menjelang wawancara.

Memahami Perusahaan Tempat Anda Melamar Kerja

Tingkat kepercayaan diri Anda meningkat secara eksponensial ketika Anda belajar lebih banyak tentang perusahaan, kultur perusahaan, dan orang-orang yang akan Anda temui. Ketika Anda nyaman dengan memahami persyaratan pekerjaan dan bagaimana akan mempresentasikan diri Anda, ketakutan dan stres menjelang wawancara pun mereda.

Orang sukses akan mengalokasikan waktu untuk meningkatkan kemampuan diri dan menghindari aktivitas tidak produktif dan sembrono. Jadi, sebelum wawancara, Anda perlu menghabiskan banyak waktu dan energi untuk mempersiapkan diri. Tinggalkan dulu tugas-tugas yang tidak penting dan fokuslah belajar sebanyak mungkin tentang perusahaan dan orang-orang yang akan mewancarai Anda.

Lakukan uji tuntas secara mendalam tentang perusahaan, melihat profil pewawancara via LinkedIn dan sosial media untuk tahu lebih banyak. Lakukan juga review deskripsi pekerjaan, lalu persiapkan diri, plus poles resume dan upgrade profile LinkedIn. Pikirkan semua contoh pertanyaan dan Anda sudah siap dengan jawabannya.

Baca Juga: 5 Cara yang Bisa Dilakukan Untuk Meredakan Stres dan Kecemasan Saat Interview Kerja

Jangan Pernah Berpikir untuk Datang Terlambat

Untuk bisa mengatasi stres menjelang wawancara, Anda harus pastikan punya waktu ekstra untuk rileks sejenak di tempat interview. Gunakan waktu senggang tersebut untuk ngobrol dengan siapapun yang Anda temui, mulai dari rumah hingga ke tempat interview.  Dengan terlibat percakapan random, ini dapat mengurangi perasaan stres menjelang wawancara.

Begitu sampai di lokasi, jangan langsung masuk. Berjalan-jalanlah di sekitar lingkungan kantor. Ini akan membantu menjernihkan pikiran. Setelah itu, masuklah ke kantor. Jangan abaikan petugas sekuriti, ajaklah mengobrol.

Begitu juga ketika Anda bertemu orang lain di elevator, dengan resepsionis dan lainnya. Cara ini pun dapat mengurangi stres menjelang wawancara. Mungkin Anda juga tidak tahu bila orang yang Anda temui di sepanjang jalan menuju ruang interview adalah orang penting. Jadi, selalu bersikap ramah pada siapapun.

Pahami Kelebihan dan Kekurangan Interview

Untuk mengurangi stres menjelang wawancara, hari-hari sebelum interview Anda perlu merasionalisasi apa sebenarnya kelebihan dan kekurangan interview yang akan Anda jalani.

Bila sekarang ini Anda punya pekerjaan, hal terburuk yang bisa terjadi adalah Anda kembali ke kantor dan selalu mencoba di kesempatan lain. Hal terbaik adalah perusahaan baru mempekerjakan Anda dengan tawaran gaji lebih tinggi. Ketika risiko vs reward sudah cukup jelas akan menguntungkan Anda.

Perhatikan Gerak Tubuh Anda

Cara selanjutnya untuk mengurangi stres menjelang wawancara adalah dengan memperhatikan gerak tubuh. Anda bisa mencobanya dengan cara seperti berjalan dengan bahu ke belakang, kepala terangkat tinggi dan dengan langkah penuh percaya diri. Ketika Anda berpapasan dengan orang lain, lihat matanya dan anggukan kepala sambil mengucapkan salam dengan senyuman ramah.

Dengan cara seperti ini, Anda akan merasa lebih kuat dan percaya diri. Jadikan body language untuk merefleksikan kepercayaan diri Anda. Bila Anda melakukannya, perasaan stres, tegang, dan gugup pun langsung sirna.

Beri komentar Anda tentang artikel ini