Hindari Melakukan Aktivitas Ini saat Sedang Merasa Lelah

merasa lelah

Aktivitas sehari-hari seperti bekerja, mengurus rumah tangga, dan lain sebagainya pasti membuat kita lelah. Apalagi jika tidak dibarengi dengan pola makan yang sehat, bukan tidak mungkin Anda akan sering merasa lelah. Faktanya, saat sedang lelah banyak sekali aktivitas yang wajib kita hindari seperti misalnya mengemudi atau bahkan mengoperasikan alat berat. Selain beberapa hal di atas, berikut ini adalah hal yang wajib Anda hindari saat merasa lelah agar tidak memperburuk kondisi.

Olahraga Berat

Sumber: w3newbie

Faktanya saat sedang merasa lelah, olahraga hanya akan membuang-buang waktu Anda. Sebagai gantinya, usahakan agar hanya melakukan olahraga ringan seperti berjalan atau bersepeda yang memungkinkan Anda untuk dapat memaksimalkan tubuh Anda. Olahraga yang berat malah berisiko membuat Anda cedera karena kondisi yang sedang tidak fokus.

Baca Juga: Butuh Motivasi Olahraga? Ini Cara Mudah untuk Meningkatkannya

Minum Kopi

Sumber: Engage Employee

Saat sedang merasa lelah, secangkir kopi biasanya menjadi andalan banyak orang untuk membuatnya tetap fokus seharian. Sayangnya efek kafein hanya berlangsung sekitar 5 jam saja, dan setelah itu tubuh Anda akan merasa lelah kembali. Kafein yang dikonsumsi berlebihan pun dapat memicu gangguan tidur. Cara alternatif yang dapat Anda coba adalah dengan mengonsumsi permen dengan rasa peppermint. Peppermint akan merangsang syaraf di otak yang bertanggung jawab untuk membuat Anda tetap terjaga dan waspada.

Adu Pendapat dengan Pasangan

Sumber: informationng

Saat Anda atau pasangan merasa salah, sedikit saja kesalahpahaman dalam berkomunikasi akan berpengaruh besar. Menurut penelitian UC Berkeley dan Harvard Medical School, saat tubuh kelelahan, otak akan sulit menempatkan respon yang tepat akan suatu hal. Akibatnya, orang lain akan lebih sulit membaca ekspresi wajah sehingga Anda dan pasangan cenderung salah menafsirkan maksud satu sama lain.

Tidur Siang

Sumber: tribunnews

Tidur siang mungkin terdengar seperti ide yang baik saat sedang merasa lelah, tetapi faktanya tidur siang berpotensi merusak kualitas tidur Anda di malam hari. Tidur terlalu lama atau terlalu larut di siang hari dapat membuat Anda lebih sulit untuk tidur di malam hari, yang berarti Anda masih akan merasa lelah pada hari berikutnya. Menurut penelitian, tidur siang yang disarankan saat sedang lelah hanyalah 20 hingga 30 menit.

Makan Makanan Tidak Sehat

Sumber: MarketWatch

Penelitian menunjukkan bahwa otak yang kelelahan akan sulit mengontrol keputusan dan kerap kali menjadi impulsif. Dengan kata lain, saat merasa lelah, makanan sampah lebih sulit ditolak. Ketika Anda lelah, tubuh Anda mencari pelepasan dopamine, jadi makan makanan tidak sehat favorit Anda akan memberi makan otak Anda dan membuat Anda bahagia. Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, cobalah untuk mengonsumsi makanan sehat seperti sayur dan buah. Tips lainnya adalah jangan pernah datangi minimarket jika Anda sedang lelah, karena hasrat Anda untuk konsumsi makanan tidak sehat akan menjadi semakin tinggi.

Baca Juga: 6 Makanan yang Mampu Mengembalikan Energi saat Kelelahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here