Saatnya Menghindari Jebakan Passion demi Karier yang Lebih Baik

Passion masih dianggap sebagai salah satu sumber kebahagiaan utama dalam berkarier. Anggapan tersebut memang tidak salah. Sayangnya, jebakan passion juga kerap kali menghambat perkembangan karier seseorang karena idealisme berlebihan.

Kamu tentu tak ingin menjadi orang yang terlena dalam jebakan passion, kan?

Jadi, sebaiknya kamu mulai melakukan introspeksi diri demi perkembangan karier yang lebih maksimal di masa mendatang.

Passion Membuat Seseorang Berpikir Konvensional

Banyak orang terjebak dalam pola pikir konvensional karena menjunjung tinggi passion dalam berkarier. Padahal, dunia kerja terus bergerak dan membutuhkan banyak keahlian baru yang lebih kompleks.

Itulah sebabnya kamu mesti berpikir lebih logis dan membuka diri terhadap perkembangan dunia luar. Pastikan bahwa passion kamu masih relevan dengan kebutuhan dunia kerja di masa mendatang.

Jebakan Passion yang Terjadi di Zona Nyaman

Ketika seorang pekerja merasa betah berada di zona nyaman, kemungkinan besar hal tersebut akan menghambat perkembangan kariernya.

Jebakan passion ini sering kali tidak disadari oleh banyak orang. Gaji besar, pekerjaan ringan, dan lingkungan kerja yang nyaman malah membuat pengembangan diri cenderung stagnan.

Kalau kamu ingin berkembang, tentu saja kamu harus keluar dari zona karier yang nyaman. Inilah yang membuat banyak orang memutuskan untuk resign dan menekuni hal baru ketika berada di puncak karier.

Baca Juga: Job Seeker, Pilih Bekerja sesuai Passion atau Bekerja dengan Passion?

Selalu Berinovasi Menghasilkan Sesuatu yang Baru

Karier yang mapan dan pendapatan besar tidak boleh menghalangi kreativitasmu. Jebakan passion biasanya membuat kamu bahagia karena tidak perlu berusaha keras demi mencapai sesuatu.

Sebenarnya, kamu justru harus menantang diri sendiri untuk terus berinovasi dan menghasilkan sesuatu yang baru. Ingat, orang-orang hebat tidak dihasilkan oleh kemudahan, melainkan berasal dari masa-masa sulit dan tantangan besar yang berhasil dipecahkan.

Jangan Malas Mempelajari Banyak Hal yang Belum Dipahami

Orang-orang yang merasa tinggi dalam urusan karier sering kali malas mempelajari banyak hal baru. Faktanya, hal-hal baru tersebut penting untuk menunjang kariermu. Misalnya saja pemanfaatan teknologi yang kini diaplikasikan pada berbagai bidang pekerjaan.

Bila kamu malas belajar hal-hal baru, kemungkinan besar kamu akan tertinggal bila dibandingkan dengan generasi muda yang kualifikasinya memadai. Kamu tentu tak mau kan tergeser begitu saja hanya karena tidak menguasai hal-hal baru di dunia kerja?

Kesimpulannya, jangan sampai jebakan passion mengubah kamu menjadi orang yang sombong, malas, dan santai dalam berkarier. Tantanglah dirimu dengan hal-hal besar untuk menunjukkan bahwa kamu adalah pribadi yang mau berkembang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here