5 Kesalahan yang Menganggu Produktivitas Kerja di Pagi Hari

Menarik energi di pagi hari salah satu aspek penting yang harus dilakukan agar produktif sepanjang hari. Namun, ada beberapa kebiasaan yang dianggap baik ternyata bisa memberikan dampak buruk untuk produktivitas di pagi hari.

Ritual yang Anda lakukan saat pertama kali sampai di kantor mungkin menjadi penyebab mengapa Anda tidak bisa meningkatkan produktivitas kerja. Berikut ini ada beberapa kesalahan yang mengganggu produktivitas di pagi hari, jangan diikuti ya!

Minum Kopi antara Jam 8 dan 10 Pagi

Selama ini Anda menikmati secangkir kopi untuk membuka pekerjaan di pagi hari, padahal kebiasaan ini bukan ide yang bagus. Berdasarkan penelitan yang dilakukan Geisel School of Medicine, Dartmouth, menjelaskan kopi di pagi hari tidak akan meningkatkan produktivitas karyawan. Pasalnya, rentang jam 8 hingga 10 pagi hormon kortisol sedang berada di puncak, sehingga mampu meningkatkan stres.

Menampung Terlalu Banyak Informasi

Kesalahan selanjutnya yang bisa mengganggu produktivitas di pagi hari adalah menampung banyak informasi di dalam kepala. Padahal, Anda akanĀ  merasa ada di dalam kontrol meskipun tak seorangpun berusaha mengontrol Anda.

Sebaiknya Anda selalu membawa buku catatan untuk menuangkan informasi dan cobalah mengosongkan pikiran Anda pada jam-jam awal saat bekerja.

Baca Juga: Olahraga dan Produktivitas Kerja, Apa Sih Hubungannya?

Langsung Duduk di Kursi Kerja

Hal pertama yang Anda lakukan saat sampai di kantor mungkin menaruh barang bawaan dan duduk di kursi kerja. Namun, berdasarkan penelitian di Harvard and Columbia Universities, mengungkapkan jika berdiri lebih baik daripada duduk di kursi kerja. Untuk mempraktikannya, Anda bisa pergi berjalan di 10 menit pertama. Setelah itu Anda bisa bekerja di kursi Anda dengan tenang.

Bekerja Menjauh dari Cahaya Alami

Jika Anda sengaja menjauhi cahaya alami dari sinar matahari pagi, maka ubahlah segera. Menurut The Journal of Clinical Sleep Medicine, cahaya matahari pagi akan sangat bermanfaat untuk menciptakan mood, kewaspadaan, dan metabolisme tubuh. Jadi, jika Anda memiliki jendela di sekitar meja kerja, bukalah jendela tersebut dan biarkan cahaya matahari masuk.

Memulai dengan Mode Kerja Multitasking

Berhenti melakukan mode kerja multitasking, sebab hal ini tidak dianjurkan dan tak menghasilkan produktivitas sama sekali. Ketika Anda memulai pagi Anda dengan mengerjakan banyak tugas dalam satu waktu, maka ini termasuk kesalahan yang mengganggu tingkat produktivitas Anda selama ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here