Tanpa Disadari, Ini 6 Hal yang Menjadi Penyebab Rambut Rusak

Sebagai mahkota, rambut menjadi salah satu hal terpenting untuk kebanyakan orang. Banyak dari kita rela mengeluarkan dana yang tak sedikit agar rambut yang dimiliki tetap lembut, sehat, dan berkilau. Namun sayangnya, masih banyak yang lalai karena hal sepele. Nah, perhatikan beberapa penyebab rambut rusak yang dipicu oleh kebiasaan yang buruk.

Simak penyebabnya berikut ini bila kamu tidak ingin memiliki rambut yang patah atau rusak ya.

Tidur dalam Keadaan Rambut Basah

Rambut basah sangat rapuh dan mudah meregang. Jadi, bila kamu tidur dalam keadaan rambut basah yang tergesek tempat tidur, maka lama kelamaan kamu akan melihat kerusakan rambut yang cukup parah.

Pastikan rambut cukup kering setelah keramas sebelum pergi tidur atau kamu bisa menggunakan sarung bantal satin untuk meminimalkan gesekan. Mulai sekarang berhenti melakukan kebiasaan buruk yang jadi penyebab rambut rusak ini ya.

Blow-drying Saat Rambut Masih Sangat Basah

Semakin cepat kamu mulai mengeringkan rambut basah dengan alat pemanas, semakin lama rambut terkena panas. Sebaliknya, biarkan rambut kering paling sedikit 50 persen sebelum memulai mengeringkan rambut dengan alat pemanasan.

Cobalah untuk bersabar sebentar daripada kamu menyesal di kemudian hari karena rambut patah dan kering tidak sehat.

Mencatok Rambut Secara Agresif

Kombinasi panas, menjepit dan menarik sangat mengerikan bagi rambut. Mencatok rambut terus menerus memang salah satu penyebab rambut rusak yang harus segera dihentikan.

Buat kamu yang suka meluruskan rambut, trik sederhana untuk menghindari kerusakan parah adalah dengan membiarkan rambut cukup kering sebelum dicatok. Lalu, mulai jepit rambut dan tarik secara perlahan catokan hingga ke ujung rambut.

Baca Juga: Mudah! Ini 5 Pelembap Alami Rumahan untuk Merawat Kulit dan Rambut

Menguncir Rambut Terlalu Tinggi

Ternyata, rambut di kepang dan kuncir ekor kuda dapat membuat banyak kerusakan saat dikenakan terlalu sering. Ketegangan saat menguncir rambut dapat melemahkan helai dan menyebabkan rambut putus, terutama di sekitar ubun-ubun kepala.

Lebih baik lagi bila kamu menggunakan minyak rambut sebelum menata untuk memberi sedikit pelumasan.

Sering Menggunakan Dry Shampoo

Ya, apapun yang berlebihan akan berakhir tidak baik, begitu juga dengan menggunakan dry shampoo. Mengapa? Ini menyebabkan penumpukan yang tidak hanya menumpulkan rambut tetapi juga menyumbat folikel rambut.

Jadi, jangan hanya mengandalkan dry shampoo agar rambut terlihat bersih dan berkilau. Sesibuk apapun aktivitasmu, sempatkan untuk benar-benar keramas agar kotoran di rambut dan kulit kepala benar-benar hilang.

Menggunakan Conditioner yang Salah dan pada Waktu yang Salah

Jika conditioner yang digunakan sekarang terdapat kata-kata “trengthening” atau “fortifying, itu berarti conditioner tersebut terdapat protein dalam formulanya.

Sementara, sedikit protein sangat bagus untuk memperkuat untaian yang lemah dan terlalu banyak dari itu dapat membuat rambut rapuh dari waktu ke waktu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here